BolaSkor.com - Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, memberikan kode soal masa depannya. Ia menegasan jika berhasil membawa The Three Lions juara Piala Eropa 2024, peluang memperpanjang kontrak akan terbuka lebar.

Awalnya, Southgate ditunjuk sebagai manajer interim pada 2016 usai kepergian Sam Allardyce. Ia membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018. Kemudian, pada musim panas berikutnya, Inggris menempati peringkat ketika UEFA Nations League.

Sepak terjang Southgate berlanjut di Piala Eropa 2020. Kali ini, Inggris menembus final, kendati kalah dari Italia di laga puncak. Atas prestasi itu, FA memberikan kontrak baru kepada Southgate hingga Piala Eropa 2024.

Baca Juga:

5 Hal yang Perlu Diketahui dari Kualifikasi Piala Eropa 2024

Penghormatan untuk Gianluca Vialli dari Figur dan Klub Sepak Bola Eropa

Kualifikasi Piala Eropa 2024: Mancini Akui Sulit Cari Penyerang untuk Timnas Italia

Menurut pelatih 52 tahun itu, hasil Piala Eropa 2024 akan sangat berpengaruh kepada masa depannya. Ia bisa bertahan lebih lama jika membawa Harry Kane dan kawan-kawan juara.

"Itu tergantung jika kami menang," tegas Southgate, seperti dilaporan The Athletic.

"Menurut saya, Anda harus berhati-hati sebagai pemain untuk tidak berasumsi jika ini bukan kesempatan terakhir."

Meski demikian, Southgate tidak mau terlalu memikirkan jalan di depan. Ia memilih fokus dan menikmati tekanan yang ada.

"Saya hanya memikirkan pertandingan demi pertandingan. Saya berusaha mempersiapkan tim sebaik mungkin," ungkap Southgate.

"Saya sudah lama merasa perlu menikmati pengalaman itu. Saya pikir itu akan memancarkan dengan sendiri kepada para pemain ketika Anda melakukannya. Saya menikmati tantangannya."

Timnas Inggris akan mengawali kiprah di Piala Eropa 2024 dengan mengikuti babak kualifikasi. Inggris tergabung di Grup C bersama Italia, Malta, Makedonia Utara, dan Ukraina.

Pada matchday 1, Inggris akan bertandang ke markas Italia, di Stadio Diego Maradona, Jumat (24/4). Dua hari berselang, Inggris akan menjamu Ukraina di Wembley.