Masa Depan Timnas Indonesia Dinilai Cerah, Shin Tae-yong Juga Ungkap Sisi Unik Pemainnya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 27 Desember 2021
Masa Depan Timnas Indonesia Dinilai Cerah, Shin Tae-yong Juga Ungkap Sisi Unik Pemainnya
Skuat Timnas Indonesia (PSSI)

BolaSkor.com - Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 mayoritas diisi pemain muda. Hal ini karena manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sangat percaya dengan kemampuan mereka.

Jika memperhatikan daftar pemain yang diboyong Shin Tae-yong ke Singapura, hanya ada dua pemain yang berusia di atas 30 tahun. Keduanya adalah Victor Igbonefo (36) dan Fachruddin Aryanto (32).

Sementara itu, para pemain kunci Timnas Indonesia, seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Alfeandra Dewangga, hingga Witan Sulaeman berusia di bawah 23 tahun. Asnawi berusia 22 tahun, sementara Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga baru berusia 20 tahun.

Bahkan ada empat pemain di Skuat Timnas Indonesia yang baru berusia 19 tahun, antara lain Ernando Ari Sutaryadi, Pratama Arhan, Elkan Baggott, dan Ramai Rumakiek.

Jika dirata-rata usia pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 adalah 23,8 tahun. Rataan usia tersebut lebih muda ketimbang Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 yang mencapai 24,65 tahun.

Baca Juga:

Singgung Chanathip Songkrasin, Shin Tae-yong Sebut Thailand di Atas Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Tegur Asnawi soal Sikap Kontroversi ke Faris Ramli

Dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, JoongAng, Shin Tae-yong mengatakan para pemain yang ada di Skuat Timnas Indonesia saat ini punya potensi untuk terus berkembang. Ia optimistis masa depan Timnas Indonesia bakal cerah.

"Para pemain di sini (Timnas Indonesia di Piala AFF 2020) masih sangat muda. Tentu ada pasang surut (performa). Namun jika terus diberikan kepercayaan dan pengalaman, mereka menjadi masa depan pemain Timnas Indonesia yang sangat baik," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga mengungkapkan sisi unik para pemainnya. Ia menyebut para pemainnya punya semangat tinggi tetapi mayoritas berkarakter lembut.

"Indonesia mempunyai cuaca yang sangat panas. Orangnya lembut dan tidak berburu-buru. Saya mencoba menanamkan gaya bertarung yang unik dalam sepak bola Indonesia. Para pemain di Indonesia bersemangat dengan kata-kata seperti, 'Ayo-ayo kita lakukan', 'Ewako' (berjuang) dalam bahasa lokal (Makassar)," ujar Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.287

Bagikan