Masalah Mental di Balik Penurunan Performa Cristiano Ronaldo

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 29 September 2022
Masalah Mental di Balik Penurunan Performa Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Performa Cristiano Ronaldo mengalami penurunan drastis pada awal musim 2022-2023. Masalah mental kini dianggap sebagai penyebab utamanya.

Ronaldo mengawali musim baru dengan kurang meyakinkan. Ia baru mengemas satu gol lewat titik penalti dari delapan laga di semua kompetisi.

Di bawah arahan Erik ten Hag, Ronaldo bahkan mulai akrab dengan bangku cadangan. Ia baru satu kali ditampilkan sebagai starter dari enam laga perdana.

Baca Juga:

3 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Dibutuhkan Manchester United

Momen Pemain Persija Ondrej Kudela Berhadapan dengan CR7 dan Bruno Fernandes

Dani Alves Akui Jadi Pengagum Cristiano Ronaldo

Penurunan performa Ronaldo juga terlihat saat memperkuat Timnas Portugal. Sang Megabintang sudah tiga laga beruntun puasa gol dan gagal mengantar negaranya ke semifinal UEFA Nations League 2022-2023.

Awalnya publik menilai penurunan performa Ronaldo hal yang normal. Usia yang sudah menginjak 37 tahun membuat kondisi fisiknya mulai menurun.

Namun faktor fisik ternyata bukan penyebab utamanya. Mental Ronaldo diyakini masih bermasalah pasca kehilangan bayi laki-laki yang baru dilahirkan pada 18 April silam.

Cristiano Ronaldo dan Jordan Peterson

Masalah mental Ronaldo dibocorkan oleh psikolog ternama, Jordan Peterson. Ia mengaku pernah diundang ke kediaman CR7 untuk melakukan konsultasi.

“Dia mengundang saya untuk datang dan melihatnya. Dia mengalami beberapa masalah dalam hidupnya beberapa bulan yang lalu. Seorang teman mengirimkan beberapa video saya dan dia telah menontonnya," kata Peterson dalam acara Piers Morgan Uncensored.

"Dia juga membaca salah satu buku saya dan merasa terbantu. Jadi dia ingin berbicara (dengan saya)."

“Saya pergi ke rumahnya dan kami berbicara selama sekitar dua jam. Sebagian besar kami berbicara tentang apa yang dia inginkan di masa depan dan beberapa hambatan yang dihadapi." tambahnya.

Peterson tak merinci secara detail isi pembicaraan dengan Ronaldo. Namun tampaknya banyak tema yang dibahas.

Keputusan Ronaldo mengundang Peterson menjadi bukti dirinya tidak baik-baik saja. Sejak kematian sang anak, performanya memang berangsur menurun meski masih mampu mencetak tiga gol di sisa musim lalu.

Cristiano Ronaldo Manchester United Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan