Masih Cari Pengganti Dani Alves, Barcelona Terus Pantau Hector Bellerin

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 09 Mei 2018
Masih Cari Pengganti Dani Alves, Barcelona Terus Pantau Hector Bellerin
Hector Bellerin masih dipantau Barcelona (Getty Images)

BolaSkor.com - Selama bertahun-tahun atau lebih tepatnya sedekade terakhir, FC Barcelona selalu memiliki pemain yang loyal, pemain andalan yang bermain reguler di tim utama. Mereka tidak tersentuh kebijakan rotasi pelatih karena kontribusi, serta perannya yang tidak tergantikan di tim utama. Mereka adalah: Lionel Messi, Luis Suarez, Jordi Alba, Gerard Pique, Marc Andre ter Stegen, dan Sergio Busquets.

Jikalaupun dirotasi karena jadwal padat, waktu istirahat mereka tidak lama. Tiap posisi memiliki pemain andalannya sendiri. Baik itu dari era Pep Guardiola, Tito Villanova, Gerardo Martino, Luis Enrique, sampai kini ditangani Ernesto Valverde. Namun, di antara posisi-posisi yang sudah terisi itu, Barcelona belum menemukan pemain yang sepadan untuk menggantikan Dani Alves pada posisi bek kanan.

Alves, 35 tahun, pergi dari Barcelona pada tahun 2016 setelah delapan tahun bermain di Camp Nou. Dalam kurun waktu tersebut, posisinya tidak tersentuh di sisi kanan pertahanan Barca. Alves berandil memberikan enam titel La Liga, empat Copa del Rey, dan tiga Liga Champions.

Semenjak ditinggal Alves, Barca memang memiliki Aleix Vidal, Sergi Roberto, dan Nelson Semedo, untuk bermain sebagai bek kanan. Tapi, tidak ada di antara mereka yang memiliki kepastian bermain seperti Alves. Roberto paling sering bermain, namun, dia bukanlah full-back murni karena posisi aslinya gelandang bertahan.

Menjadi full-back Barcelona itu susah-susah gampang. Filosofi sepak bola Barca adalah menyerang. Jadi, full-back Barca diharuskan turut naik membantu serangan (overlap) tiap ada momen menyerang. Bukan cuma sekali dua kali saja mereka naik membantu serangan, namun, mereka harus sering melakukannya karena intensitas serangan tim. Selain dituntut cepat melakukan overlap, mereka juga harus mundur ke belakang dengan cepat ketika bertahan. Apalagi saat menghadapi serangan balik.

Di posisi kiri pertahanan, Barca sudah memiliki Jordi Alba yang selalu tersedia di lini depan ketika tim dalam fase menyerang. Nah, kondisi berbeda berada di sisi kanan pertahanan Barca. Itulah kenapa, mereka barangkali merindukan Alves saat ini. Kala masih membela Barca, Alves sangat sering membantu serangan, seolah ia penyerang sayap.

Dengan alasan itu juga Barca masih memantau situasi bek kanan Arsenal berusia 23 tahun, Hector Bellerin. Pemain kelahiran asli Catalunya dan produk akademi La Masia. Bellerin bak hanya menanti waktu sampai memenuhi takdirnya untuk kembali ke kampung halaman. Terutamanya, ia memenuhi kriteria bermain sebagai full-back Barca: cepat, rajin membantu serangan, dan cepat ketika bertahan.

Masalahnya, merekrut Bellerin bukan susah karena faktor uang, melainkan kebahagiaan sang pemain di London Utara. Apalagi, Arsenal lah yang memberinya kesempatan bermain di tim utama. Arsene Wenger, manajer Arsenal yang hengkang di akhir musim ini, memberinya kesempatan bermain di tim utama pada tahun 2015. Sejak saat itu, Bellerin tidak tergantikan di posisi kanan pertahanan The Gunners.

"Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan - sepak bola selalu berubah. Saya bahagia di sini (Arsenal). Ini sudah menjadi rumah saya selama tujuh tahun. Saya terdengar seperti Londoner, teman saya dari London - ini tempat yang saya inginkan saat ini," papar Bellerin di Goal, Rabu (9/5).

"Di masa depan, Anda tidak pernah tahu. Jelas sekali, saya tumbuh di Barcelona, dan ketika saya menyaksikan mereka bermain, saya ingin mereka untuk menang. Tim selalu ada di dalam hati saya," sambungnya.

Jika sudah begini, Barca memang harus sabar jika masih menginginkan Bellerin. Terlebih, dia juga harus membuktikan diri terlebih dahulu di Arsenal karena inkonsistensinya bermain. Sampai saat ini, Bellerin baru meraih dua titel Piala FA dan Community Shield.

Breaking News FC Barcelona Arsenal Hector Bellerin Dani alves Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan