BolaSkor.com - Persebaya Surabaya kembali menjadi tim yang menyumbangkan pemain terbanyak ke Timnas Indonesia. Ada empat pemain Persebaya yakni Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho Ramadhani, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya yang membela tim Merah Putih pada ajang Piala AFF 2020.

Dari keempat nama tersebut, sebenarnya kondisi Ernando Ari Sutaryadi tengah cedera. Penjaga gawang asli Semarang itu cedera usai Persebaya pesta gol ke gawang Persita Tangerang (24/11) lalu. Kiper berusia 19 tahun itu mengakhiri laga cepat dan ditarik keluar pada menit ke-27 karena mengalami cedera bahu.

Padahal, sepulang dari pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi semakin percaya diri dengan kemampuannya. Buktinya, dia meraih clean sheet pertamanya bersama Bajol Ijo ketika menang 1-0 atas Madura United pada 20 November lalu.

Baca Juga:

Tiba di Singapura, Timnas Indonesia dalam Kondisi Bagus

Pernah Bikin Timnas Indonesia Gigit Jari, Sumareh Terpaksa Diganti Pelatih Malaysia

Meski cedera, pelatih Persebaya Aji Santoso tetap memberikan dukungan kepada Ernando Ari Sutaryadi yang akan membela Timnas Indonesia. Kabarnya, cedera tersebut berangsur membaik dalam satu pekan ke depan.

“Kalau cedera nanti biar antar dokter yang komunikasi. Kembali lagi ke anaknya juga. Yang pasti kami memberikan izin,” ujar Aji Santoso menjawab BolaSkor.com kemarin (2/12).

Pelatih 51 tahun tersebut bersyukur karena kompetisi Liga 1 akan berhenti selama gelaran Piala AFF. Semula, seri ketiga Liga 1 dijadwalkan 18 November hingga 24 Desember. Namun kemudian diubah menjadi tanggal 18 November hingga 14 Desember atau hanya sampai dengan pekan ke-17.

Hal ini dilakukan selain karena ada beberapa klub yang pemainnya dipanggil Timnas lebih dari dua pemain. Juga lantaran ada instruksi Mendagri tentang pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19 pada Natal dan Tahun baru 2022.

“Persebaya selalu mendukung program dan agenda Timnas. Dan kebetulan kompetisi juga libur jadi kami lepas. Ada Ernando dan Ridho yang dipanggil. Jadi, ada empat pemain Persebaya yang ke Timnas,” pungkas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)