BolaSkor.com - Setelah melalui voting, maskot FIBA World Cup 2023 akhirnya memiliki nama. JIP atau akronim dari tiga tuan rumah yakni Jepang, Indonesia, dan Filipina terpilih sebagai nama.

merupakan hasil dari ajakan beraksi kepada fans untuk menamai maskot tersebut, yang pada akhirnya membuat orang-orang di seluruh dunia ikut ambil bagian. Hampir 100 ribu orang mengunjungi jajak pendapat penamaan maskot untuk memilih nama favorit mereka dari enam opsi nama yang tersedia bagi penggemar World Cup.

Nama JIP juga sangat sesuai dengan visi desainernya ketika merancang robot basket itu: menyatukan orang-orang dan mewakili mereka semua.

“Nama JIP sangat cocok untuk maskot yang dirancang dengan indah ini karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah,” kata David Crocker, Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup 2023.

"Pengumuman ini bertujuan untuk membangun kegembiraan menuju turnamen tahun depan. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik pada akhir bulan ini di Jakarta, Okinawa, dan Manila melalui beberapa kegiatan yang menyenangkan."

Sekarang, setelah maskot tersebut memiliki nama, penggemar bola basket di tiga negara tuan rumah tersebut dapat keluar dan melihat langsung JIP sepanjang akhir pekan ini, yaitu pada 30 dan 31 Juli.

Anak-anak dan keluarga di Indonesia dapat datang ke Sarinah Mall di Jakarta pada 30 Juli dari jam 3 sore sampai jam 5 sore untuk berbagai kegiatan. Termasuk di dalamnya meet and greet, gamesanak-anak dan keluarga, serta juga kesempatan untuk menantang maskot tersebut.

“Kami sangat senang memiliki JIP sebagai maskot FIBA Basketball World Cup 2023. JIP mewakili semua yang ingin diperkuat oleh turnamen ini, termasuk hubungan yang kuat antara tiga negara tuan rumah. Dan yang paling penting, maskot yang menarik bagi anak-anak, yang kami harapkan semoga bisa menularkan cinta terhadap bola basket kepada generasi penerus," kata Cahyadi Wanda, Ketua Komite Manajemen Bersama Indonesia.