Maverick Vinales dan Franco Morbidelli Dijatuhi Hukuman Penalti pada MotoGP Aragon

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 23 September 2018
Maverick Vinales dan Franco Morbidelli Dijatuhi Hukuman Penalti pada MotoGP Aragon
Maverick Vinales (Zimbio)

BolaSkor.com - Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, mendapat hukuman penalti karena dianggap menahan laju rider KTM, Bradley Smith, pada sesi kualifikasi pertama MotoGP Aragon, Sabtu (22/9). Tak hanya Vinales, rider Marc VDS, Franco Morbidelli, juga mendapat hukuman serupa.

Vinales dan Smith bersaing ketat sepanjang kualifikasi pertama. Selisih waktu keduanya hanya terpaut 0,1 detik setelah melahap tiga dari empat sektor.

Namun, pada tikungan ke-16, Vinales, Morbidelli, dan Xavier Simeon, dianggap menghambat laju Smith. Vinales dan Morbidelli dianggap sengaja melambatkan motor mereka agar Smith kehilangan waktu.

Kondisi tersebut membuat Smith gagal melaju ke kualifikasi kedua. Adapun Vinales dan Morbidell berhasil mengamankan posisi ke-11 dan 13.

Namun, posisi tersebut berubah setelah pengawas balapan memberikan sanksi kepada Vinales dan Morbidelli. Vinales akan memulai balapan dari posisi ke-13, sementara Morbidelli mundur ke urutan 19.

"Sedikit kecewa, banyak pembalap di area mengerem, dan dengan kecepatan seperti itu sangat berbahaya. Saya melaju dengan kecepatan 330 km/jam dan mereka hanya sekitar 150 km/jam. Saya tak tahu mereka akan memilih jalur yang mana," kata Smith dikutip dari Motorsport.

"Di televisi sepertinya tenang-tenang saja. Tapi, bayangkanlah dalam kecepatan seperti itu tak mungkin tenang. Saya harus menuju kerb untuk menghindari Morbidelli dan saat berusaha masuk ada Maverick. Saya kecewa karena jelas bisa mencatatkan waktu 1 menit 47 detik," sambugnya.

Hukuman penalti Vinales semakin memperparah kondisi Yamaha pada MotoGP Aragon. Kedua pembalap pabrikan asal Jepang tersebut, Vinales dan Valentino Rossi sama-sama memulai balapan di luar posisi 10 besar. The Doctor menempati posisi ke-18 saat kualifikasi.

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Breaking News Motogp MotoGP 2018 Maverick Vinales Valentino Rossi
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan