Medali Emas Timnas Itu Bernama Luis Milla

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 26 Agustus 2018
Medali Emas Timnas Itu Bernama Luis Milla
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla. (PSSI)

BolaSkor.com - Tanggal 20 Januari 2017, menjadi hari penting bagi sepak bola Indonesia. Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, akhirnya menetapkan Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia Senior dan U-23.

Pemilihan Luis Milla melahirkan banyak alasan. Satu di antaranya adalah menularkan filosofi sepak bola Spanyol ke dalam tubuh Indonesia. Maklum, rata-rata pesepak bola Spanyol memiliki rataan tinggi badan yang sama dengan para pemain Indonesia. Itu salah satu alasan terkuat.

Luis Milla mengalahkan Luis Fernandez dalam perebutan kursi nomor satu di Timnas Indonesia. Saat dipilih, Luis Milla merupakan pelatih yang mempunyai pengalaman mentereng, dan sejumlah kegagalan.

Salah satu pengalaman menterengnya adalah membawa timnas Spanyol U-21 menjadi juara Piala Eropa U-21 tahun 2011. Sejumlah nama beken yang kini bersinar di sepak bola dunia, seperti David De Gea, Juan Mata, Thiago Alcantara, hingga Javi Martinez, adalah hasil polesannya.

"Keadaan badan atau tubuh pemain kita mirip dengan Spanyol sehingga lebih dekat ke sana," kata Edy di sela Kongres Tahunan PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu (08/01/17) lalu.

Luis Milla pun mempersiapkan Timnas Indonesia U-23 pada tanggal 8 Februari. Pemusatan latihan digelar untuk melihat potensi pemain muda Indonesia, guna terjun di ajang SEA Games 2017 Malaysia.

Warisan Luis Milla (1)

Luis Milla Timnas Indonesia Timnas indonesia u-23 Breaking News Asian games 2018
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan