Media Korea Kenang saat Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Terpaksa Menjadi Kiper

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 24 April 2020
Media Korea Kenang saat Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Terpaksa Menjadi Kiper
Shin Tae-yong. (Sports Seoul)

BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata pernah menjadi seorang penjaga gawang dalam karier profesional sebagai pesepak bola. Peran di bawah mistar gawang dimainkan di kompetisi K-League 2003.

Tepatnya pada 27 Juli 2003, saat klubnya Seongnam Ilhwa Chunma, yang kini dikenal Seongnam FC menghadapi Daejeon Citizen. Hal ini seperti dikenang media Korea Selatan Sports Seoul pada Jumat (24/4).

Dalam laga tersebut, Shin Tae-yong lebih dulu main sebagai pemain lapangan. Ia kembali menonjol, terlebih lewat gol yang dicetak pada menit ke-31.

Gol yang dibuat Shin Tae-yong terbilang indah dan langka. Pasalnya dibuat lewat sepakan pojok, di mana bola terbang melengkung ke pojok atas tiang jauh, tanpa bisa dihalau lawan.

Klubnya Seongnam Ilhwa Chunma memimpin 3-0, di mana dua gol tambahan dibuat oleh Hwang Yeon-seok pada menit ke-47 dan 72.

Baca Juga:

Cerita Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Mandi 3 Kali Sehari karena Cuaca Panas hingga Suka Sate

Media Korea Kenang Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebagai One Man Club dengan Catatan Tertinggi

Shin Tae-yong berganti peran di babak kedua. Ia menepi lebih dulu sebelum menggunakan jersey kiper yang dibalik berwarna hijau terang serta sarung tangan.

Hal ini tak lepas cedera yang dialami kiper Kim Hae-woon. Kim Hae-woon kini bekerja sama lagi dengan Shin Tae-yong sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia.

"Shin membuat debut sebagai kiper dengan kaos berwarna neon. Ia ke kiri dan ke kanan, menghalangi tembakan lawan dengan seluruh tubuhnya," tulis Sports Seoul.

Shin Tae-yong tak mampu menghalau serangan Daejeon. Dua kali gawang yang dijaga kebobolan lewat Lim Yeong-ju (81') dan Alex Chandre de Oliveira (89').

Beruntung ia hanya kemasukan dua kali. Klubnya Seongnam tetap menang, dengan skor 3-2.

"Pada saat itu media menilai kinerja Shin sebagai kiper dengan gol dan mencetak gol."

Terakhir, Shin Tae-yong juga dikenang lewat catatan penampilan bersama Seongnam Ilhwa. Ia dilabeli One Man Club karena memainkan lebih dari 200 pertandingan di satu klub.

Shin Tae-yong menjadi yang pemain setia di K-League setelah mencatatkan lebih dari 400 pertandingan bersama Seongnam, sejak debut profesional pada 1992 hingga 2004.

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Korea selatan Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan