BolaSkor.com - Teka-teki pelatih Timnas Filipina menemui kejelasan. Media Skotlandia mengungkap Azkals, julukan Timnas Filipina akan ditangani oleh Terry Butcher.

Terry Butcher merupakan mantan pemain Ipswich Town, Rangers, Coventry City, Sunderland, Cldebank, dan pernah berbaju Timnas Inggris.

Sebagai pelatih, ia pernah memegang Coventry City, Sunderland, Motherwell, Sydney FC, dan terakhir Newport Country. Terry Butcher menganggur setelah meninggalkan Neport City pada 2015.

"Terry Butcher sedang diatur untuk mengambil alih kursi pelatih Timnas Filipina. Mantan kapten Rangers akan menggantikan mantan pemain belakang Leverkusen, Thomas Dooley di kursi," tulis media The Scottish Sun, Rabu (13/6).

Sementara itu, manajer Timnas Filipina, Dan Palami tak memastikan Terry Butcher akan menjadi pelatih. "Ia telah dipertimbangkan," katanya dikutip dari Rappler.

Sesuai rencana, Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) akan mengumumkan pelatih Azkals, Kamis (14/6) malam. Sebelumnya PFF memilih tak memperpanjang kontrak Thomas Dooley, yang telah membawa Filipina diperhitungkan dalam empat tahun masa kerja.

Pihak PFF sempat memberikan kode bahwa pelatih yang akan menangani Filipina berasal dari Inggris. Namun tak sesuai dengan Terry Butcher, karena dijelaskan bahwa pelatih tersebut sebelumnya berkarier di Thailand sehingga memunculkan nama eks pelatih Mitra Kukar Scott Cooper.

Pelatih akan ditunjuk untuk menyambut Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019. Di Piala AFF 2018, Filipina tergabung di Grup B bersama Thailand, Indonesia, Singapura, dan pemenang kualifikasi antara Brunei dengan Timor Leste.