Mekanisme Kongres Sesuai Statuta PSSI, Tidak Bisa Terburu-buru

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 01 November 2022
Mekanisme Kongres Sesuai Statuta PSSI, Tidak Bisa Terburu-buru
Emergency Meeting Exco PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI melalui emergency meeting anggota Komite Eksekutif (Exco) pada Jumat (28/10), memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB).

Tahapan-tahapan kongres tidak bisa terburu-buru dan sesuai statuta PSSI Pasal 34. Lalu bagaimana tahapan kongresnya?

Baca Juga:

PSSI Kirim Surat ke FIFA soal Tahapan Kongres, Mekanisme Harus Sesuai Statuta

Ketum PSSI: Saya Tak Mau Korbankan Marwah Sepak Bola

Pemberitahuan ke FIFA

Ya, kepengurusan PSSI pimpinan Mochamad Iriawan saat ini memberitahukan FIFA soal percepatan KLB. Surat sudah dikirimkan pada Senin (31/10) kemarin malam. Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

PSSI berharap FIFA memberikan rekomendasi soal kongres secepatnya pada tanggal 7 November mendatang. Proses ini wajib dilakukan karena FIFA merupakan induk sepak bola dunia.

Pemilihan KP dan KBP di Kongres Biasa

Setelah itu, kepengurusan PSSI saat ini masih harus mengisi tonggak organisasi agar tidak ada kekosongan, dan menghindari hal-hal negatif yang tak diinginkan.

Kepengurusan PSSI saat ini juga harus menggelar kongres biasa, yang dimana agendanya pemilihan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Hal ini dilakukan tanggal 7 Januari 2023 mendatang.

“Kepemimpinan federasi (PSSI) tidak boleh kosong, harus ada sampai KLB," tutur anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani kepada wartawa.

Tahap KP dan KBP hingga KLB Digelar

Setelah itu, KP dan KBP terpilih akan bekerja menyusun tahapan menuju kongres luar biasa pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif.

Sebagaimana ketentuan Statuta PSSI Pasal 34 Ayat 3 yang menyatakan bahwa para anggota akan diberitahukan secara tertulis sekurang-kurangnya 30 hari sebelum pelaksanaan kongres.

Setelah itu, KLB rencananya digelar tanggal 18 Maret 2023. Ini sesuai surat PSSI soal rekomendasi kongres kepada FIFA.

Pssi Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan