BolaSkor.com - PSM Makassar memastikan diri sebagai tim pertama yang berada di babak semifinal Piala Menpora 2021. Kepastian ini didapat usai memenangkan pertandingan kontra PSIS Semarang lewat adu penalti dengan skor akhir 4-2 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (9/4).

Tentu saja, hasil ini sangat disyukuri oleh segenap penggawa tim Juku Eja. Bagaimana PSM bisa membalikkan segala prediksi yang tak menempatkanny dalam unggulan turnamen.

"Tentu sangat bersyukur atas pencapaian ini. Kami sebelumnya dicap sebagai tim Underdog pada turnamen ini," ucap pelatih PSM, Syamsuddin Batola dalam konferensi pers di Stadion Kanjuruhan Malang.

Baca Juga:

Piala Menpora 2021: Kalahkan PSIS, PSM Makassar ke Semifinal

Jadwal Siaran Langsung Perempat Final Piala Menpora 2021

Pada partai itu, kunci kemenangan PSM adalah pemilihan para eksekutor penalti. Opsi ini bahkan sudah diperhitungkan secara matang oleh PSM, sejak sebelum pertandingan.

"Ya itu sudah kami pikirkan untuk adu penalti. Yang pasti, pemain sudah membuktikan (kualitas) mereka dengan kerja keras," tambahnya.

Selain itu, kunci kesuksesan Zulkifli Syukur dkk juga tak lepas dari strategi yang dimainkan. PSM memilih bermain lebih simpel untuk bagaimana mempertahankan skor imbang, kala menemui kesulitan atas guyuran hujan yang terjadi.

"Pada saat hujan turun yang deras, lapangan licin dan bola tidak bisa jalan. Pemain mampu mengambil keputusan dengan cepat," jelas Syamsuddin Batola.

Situasi ini membuat PSM tinggal menunggu pemenang antara Persija Jakarta kontra Barito Putera, yang baru akan bertanding di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (10/4). (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)