Melalui TCC 2017, Bintang Arema FC Harapkan Pemain Bola Tetap Pintar

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 24 November 2017
Melalui TCC 2017, Bintang Arema FC Harapkan Pemain Bola Tetap Pintar
Ahmad Bustomi (dua dari kanan) saat menjadi bintang tamu preskon final Torabika Campus Cup. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Stigma sepak bola sebagai permainan yang hanya mengandalkan otot, tampaknya harus mulai diubah. Sepak bola bukan hanya olahraga adu fisik, namun bisa juga sebagai ajang silaturahmi dan menguji kecerdasan pelakunya.

Hal itu lah yang ditandaskan seorang Ahmad Bustomi, melalui Torabika Campus Cup (TCC) 2017. Turnamen sepak bola antar kampus itu bisa menjadi role model, tentang keterkaitan erat antara fisik, mental dan intelektual.

"Banyak pemain seangkatan saya yang memang kurang dalam hal pendidikan," papar Ahmad Bustomi saat menjadi bintang tamu laga final TCC di Stadion Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Ia pun berharap banyak pemain sepakbola terutama anak muda, tetap mementingkan segi pendidikan sembari merintis jalan menuju profesional.

"Karena sepakbola itu tidak hanya permainan otot (fisik) saja. Dalam permainan sepakbola, ada ujian dalam mental dan juga otak," gelandang senior Arema FC itu membeberkan.

Maka dari itu, ajang seperti TCC memang banyak memberi manfaat dalam hal pengujian tingkat kecerdasan pada pelakunya, terutama kalangan mahasiswa yang menjadi peserta turnamen.

Para pemain diajarkan untuk bisa berpikir lebih matang dalam menjalankan taktik dan strategi pelatih dalam permainan sepak bola.

Selain itu, tingkat emosi juga diuji betul untuk menciptakan situasi yang kondusif, terutama ketika ada ketidaksesuaian beberapa keputusan wasit dalam memimpin pertandingan.

"Bagaimana sepak bola menguji cara berpikir kita untuk mengambil keputusan yang tepat. Hal itu penting untuk memperbaiki tingkat kualitas dalam skill individu," imbuh pemain andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 tersebut. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

TCC 2017 Arema FC Ahmad bustomi
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan