Menilik Protokol Kesehatan Hari Perdana Penyelenggaraan Bundesliga di Masa Pandemi Virus Corona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 17 Mei 2020
Menilik Protokol Kesehatan Hari Perdana Penyelenggaraan Bundesliga di Masa Pandemi Virus Corona
Sejumlah protokol dijalankan dalam lanjutan Bundesliga (Reuters)

BolaSkor.com - Bundesliga menjadi kompetisi elit Eropa pertama yang menggelar pertandingan di masa pandemi virus corona. Namun sejumlah protokol kesehatan dan keamanan terpaksa diterapkan demi menjaga keselamatan para pemain.

Sebanyak enam pertandingan digelar pada hari pertama lanjutan Bundesliga 2019-2020 pada Sabtu (16/5), secara tertutup. Semua laga relatif berjalan lancar meski ada beberapa pelanggaran kecil terkait protokol tersebut yang terjadi.

Para pemain dari satu tim datang ke stadion dengan menggunakan beberapa bus berbeda. Hal ini dilakukan guna menjalankan aturan physical distancing sejak dari hotel.

Seminggu sebelum pertandingan, seluruh anggota tim sudah ditempatkan dalam satu hotel. Mereka secara rutin menjalankan tes virus corona.

Baca Juga:

Borussia Dortmund 4-0 FC Schalke: Dominasi Die Borussen dalam Revierderby

Cium Pipi Rekan Setim, Bek Hertha Berlin Langgar Aturan Social Distancing

Geisterspiele, Ruckrunde, dan Istilah-istilah Lain di Bundesliga yang Perlu Diketahui

Ketika tiba di stadion, para pemain diwajibkan memakai masker dan langsung di cek suhu tubuhnya. Hal yang sama juga berlaku bagi seluruh pihak yang terlibat dalam pertandingan termasuk awak media.

Hanya 213 orang yang diperbolehkan berada di area lapangan. Jumlah orang yang berada di tribun juga dibatasi yaitu maksimal 115 orang yang terdiri dari petugas keamanan, petugas medis, dan wartawan.

Sementara pihak kepolisian berpatroli di sekitar stadion. Hal ini untuk mencegah kedatangan suporter.

Di lapangan, para pemain cadangan dan staf pelatih diwajibkan memakai masker. Jarak duduk mereka di bench juga diatur sehingga sejumlah tim terpaksa menempatkan beberapa pemain di tribun belakang bench.

Pemain cadangan diperbolehkan melepas masker saat melakukan pemanasan. Sedangkan pemain yang ditarik keluar diwajibkan untuk langsung memakai masker.

Semua bola yang digunakan harus disemprot cairan disinfektan. Hal itu dilakukan kembali saat jeda babak pertama.

Tidak ada prosesi jabat tangan sebelum pertandingan digelar. Prosesi foto tim juga ditiadakan.

Menariknya, pertandingan relatif berjalan normal. Para pemain kedua tim tetap terlibat duel-duel sengit yang diwarnai benturan atau tekel-tekel keras.

Hal sedikit berbeda mungkin terlihat saat merayakan sebuah gol. Para pemain melakukannya dengan tetap menjaga jarak atau melakukan salam siku.

Usai pertandingan perwakilan pemain dan pelatih tetap melakukan wawancara di pinggir lapangan dengan televisi pemegang hak siar. Namun mikrofon yang digunakan dipasang ke sebuah tongkat panjang untuk menjaga jarak aman.

Caption

Protol-protokol seperti ini mungkin membuat persiapan melaksanakan sebuah pertandingan menjadi rumit. Namun hal ini wajib dilakukan agar sepak bola tetap bisa dimainkan secara aman.

Langkah Bundesliga ini sangat mungkin diikuti oleh liga-liga lain yang tengah berusaha untuk melanjutkan pertandingan. Tak menutup kemungkinan protokol-protokol seperti ini nantinya akan menjadi aturan baku yang diakui FIFA.

MEInang Bundesliga Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan