Melihat Indonesia di Kota Ansan, Homebase Bakal Klub Asnawi Mangkualam

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 26 Januari 2021
Melihat Indonesia di Kota Ansan, Homebase Bakal Klub Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam Bahar. (PSSI)

BolaSkor.com - Klub kasta kedua kompetisi Korea Selatan atau K League 2, Ansan Greeners FC belakangan menjadi akrab di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Hal ini tak lepas dari kabar perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar.

Asnawi seperti dijelaskan pemimpin tim Ansan Greeners, Joo Chan-yong dikontrak selama satu tahun. Ada opsi perpanjangan satu tahun di musim berikutnya sesuai keputusan klub pada 19 Januari 2021.

Asnawi akan menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di K League. Juga sebagai pemain pertama yang mengisi kuota ASEAN di liga Korea Selatan.

Baca Juga:

Asnawi Mangkualam dan ASEAN yang Jadi Incaran

5 Fakta Ansan Greeners, Klub Korsel yang Kontrak Asnawi Mangkualam

Duo Vietnam, Luong Xuan Truong dan Nguyen Cong Phuong sebelumnya datang dengan status pinjaman dari Hong Anh Gia Lai (HAGL) dan menyandang predikat pemain asing Asia.

Xuan Truong hijrah untuk memperkuat Incheon United pada 2016, sebelum dipinjamkan ke Gangwon FC musim berikutnya. Adapun Chong Phuong bermain untuk Incheon United pada 2019.

Shin tae-yong serius memperhatikan Asnawi Mangkualam. (PSSI)

Manajer dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong punya andil dalam keputusan klub berjuluk Serigala Hijau. Rekomendasinya mematahkan keraguan pelatih Ansan Greeners, Kim Gil-sik.

Asnawi Mangkualam dilaporkan akan menuju Korea setelah visanya keluar. Ia akan bergabung dalam kamp latihan klub pada Februari setelah lebih dulu menjalani isolasi pada tanggal 14.

"Karena ada masa isolasi, kami berharap ia bisa memasuki negara secepat mungkin. Setelah melalui proses yang sah, kami akan mengumumkan perekrutan secara resmi," kata Joo Chan-yong.

Kota Multikultural

Ansan Greeners merupakan klub kota Ansan yang berdiri sejak 2017. Kota yang jadi markas Ansan Greeners berada di Provinsi Gyeonggi atau sebelah barat daya Seoul yang merupakan ibu kota Korea Selatan.

Ansan juga dikenal sebagai kota multikultural. Hal ini tak lepas keberadaan 88 ribu warga asing dari sekitar 105 negara seperti yang dilaporkan Hankyung pada Mei 2020.

Di antaranya berasal dari China, Uzbekistan, Rusia, Vietnam, Kamboja, Indonesia, Filipina, Nepal, dan Ukraina.

Baca Juga:

Asnawi Diingatkan, K League 2 Lebih Keras dari Kasta Tertinggi

Beri Rekomendasi ke Ansan Greeners, Shin Tae-yong: Asnawi Nomor Satu di Hati

Selain berstatus sebagai pekerja mengingat adanya kompleks industri: Sihwa dan Banwol, sejumlah warga asing datang untuk menempuh pendidikan selain tinggal bersama kerabat.

Penunjuk negara di Ansan. (Istimewa)

Lebih dari seribu merupakan orang Indonesia. Jumlah ini sama dengan warga negara Indonesia yang bermukim di Seoul seperti dituliskan Sports Seoul.

Total ada 7.857 WNI jika cakupan diperluas atau se-provinsi Gyeonggi sesuai data yang disajikan namu.wiki. Sedangkan secara keseluruhan ada lebih dari 40 ribu WNI di Korea Selatan.

Tak heran atribut Indonesia tampak jelas di kota Ansan, tepatnya di jalan multikultural, sekitar Wongok-dong, Danwon. Utamanya yang melekat pada toko dan restoran Indonesia.

Dua restoran Indonesia yang berseberangan dengan restoran batavia. (Blog Naver)

Setidaknya ada lebih dari 12 restoran khas Indonesia berdiri di jalan yang letaknya berada di depan stasiun Ansan. Yaitu Batavia, Warung Kita, Pondok Bali, Warung Kartini, Ibu Pertiwi, Sederhana, Rumah Kita, Rindu Alam, Nusantara, Kedai Rinjani, Warung Barokah, dan Warung Lea Indonesia. Istilah Ansan sebagai kampung Indonesia di Korea Selatan rasanya sah-sah saja.

Tentu menjadi keuntungan bagi Asnawi menjalani keseharian dalam karier bersama Serigala Hijau. Asnawi sudah seharusnya jauh dari kata homesick.

"Bukankah di Ansan multikultural? Kalau terbiasa di Ansan ia pasti akan menjadi pemain besar," kata Shin tae-yong kepada Chosun.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Bicara Kualitas Asnawi Mangkualam Bahar

Asnawi Dikontrak Ansan Greeners, K League Bersiap Tayang di Indonesia

Adapun Kenduri menjadi tajuk pesta rakyat sekaligus festival budaya tahunan warga Indonesia yang digagas ICC (Indonesia Community Center). Event ini dimulai sejak 2015 di halaman Stadion Ansan Wa yang jadi markas Greeners. Adapun terakhir diketahui diselenggarakan pada 2019.

Kenduri 2019. (Ansan.go.kr)

"Jika Asnawi yang aktif sebagai pemain Timnas Indonesia berperan aktif di Ansan, maka akan menjadi kebanggaan yang besar bukan hanya bagi orang Indonesia yang tinggal di Ansan, tapi juga warga negara asing. Itu akan sangat membantu keharmonisan (orang asing) dengan orang Korea. Saya menantikan itu," kata Walikota Ansan yang juga pemilik Ansan Greeners, Yoon Hwa-seop dikutip dari KBS.

Asnawi Mangkualam Ansan Greeners FC Korea selatan Breaking News Shin Tae-yong
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan