Melihat Lagi 5 Poin yang Buat Persija Jakarta Belum Bisa Mentas di JIS

BolaSkorBolaSkor - Selasa, 13 September 2022
Melihat Lagi 5 Poin yang Buat Persija Jakarta Belum Bisa Mentas di JIS
Selebrasi Riko Simanjuntak usai membobol gawang Chonburi di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7). (Media Persija)

BolaSkor.com - Persija Jakarta sejauh ini bermarkas di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, untuk Liga 1 2022/2023.

Stadion Patriot sebagai solusi jitu di tengah perawatan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala Dunia U-20 2023, dan belum siapnya Jakarta International Stadium (JIS) menggelar laga resmi kompetisi atau skala intermasional.

Mengapa Persija belum bisa gunakan JIS? Ada lima poin yang dijabarkan Persija sebagai alasan mengapa belum bisa bermarkas di JIS.

Baca Juga:

Soal JIS, Ini Kata FIFA Security Officer

PSSI Siap Berkolaborasi untuk Penyempurnaan JIS

Dikutip dari laman Persija melalui artikel tanggal 12 Agustus 2022, Pertama, Stadion JIS masih memerlukan perbaikan, pengkajian ulang, dan uji coba pelaksanaan sebuah pertandingan sepak bola terutama jika melibatkan penonton umum atau suporter.

Kedua, perlu disiapkan perencanaan sirkulasi kendaraan penonton dan ketersediaan lahan parkir pendukung (maksimal 1500 meter dari Stadion). Saat ini ketersediaan area parkir untuk kapasitas 82.000 penonton di dalam stadion hanya 754 (21 difable), outdoor 452 (7 difable), dan bus 68.

Rekomendasi dari FIFA Technical Recommendation Bab 3 point 3.3 halaman 58 tertera, “Untuk stadion berkapasitas 60.000, harus disediakan tempat parkir untuk 10.000 mobil. Tempat parkir terpisah untuk bus harus disediakan. Untuk stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk, parkir harus disediakan untuk sekitar 500 bus.”

Ketiga, perlu ditetapkan area khusus tim drop off, tim Official& perangkat pertandingan yang terpisah dan tertutup atau memiliki batas pagar pengaman, dengan ketinggian area yang cukup dilalui oleh kendaraan bus tim, berikut area parkir kendaraannya.

Keempat, penambahan pagar pembatas di beberapa titik/area penonton untuk mengantisipasi kerawanan yang mungkin timbul antar supporter tuan rumah dan supporter tamu .

Kelima, perlu dilakukan assesementmen dalam terutama pengaturan akses penonton dan sirkulasi kendaraan dari perimeter luar menuju pintu turnstilesetelah semua pekerjaan konstruksi selesai, guna memastikan keamanan sirkulasi.

Persija jakarta Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan