Melihat Peta Persaingan Calon Pemilik Baru Manchester United

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 10 Februari 2023
Melihat Peta Persaingan Calon Pemilik Baru Manchester United
Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Proses akuisisi kepemilikan Manchester United mulai memanas. Lantas bagaimana peta persaingannya?

Manchester United memang segera berganti pemilik dalam waktu dekat. Keluarga Glazers selaku pemilik terkini tengah sibuk mencari investor baru usai menjadi penguasa sejak 2005 silam.

Sebagai pengusaha, Glazers tampaknya menilai sekarang waktu yang tepat untuk menjual Manchester United. Namun taipan asal Amerika Serikat tersebut tentu membanderolnya dengan harga tinggi.

Baca Juga:

3 Hal Menarik dari The Roses Derby di Old Trafford

Rahasia Kesuksesan Leeds United Curi Poin di Old Trafford

Tren Kemenangan Terhenti, Manchester United Masih Bisa Tersenyum

Glazers diyakini menetapkan harga jual Manchester United di atas 6 miliar poundsterling. Padahal mereka hanya mengeluarkan dana kurang dari 800 juta poundsterling saat membelinya.

Namun harga fantastis tersebut tak membuat Manchester United sepi peminat. Setidaknya ada lima kandidat yang siap bersaing untuk menggantikan keluarga Glazers.

Belum diketahui secara pasti nama-nama kandidat yang dimaksud. Namun mereka dipastikan berasal dari berbagai negara.

Awalnya, Sir Jim Ratcliffe menjadi kandidat utama untuk mengambil alih Manchester United dari tangan Glazers. Miliarder asli Inggris itu memang sudah lama menjadi penggemar Setan Merah.

Sir Jim Ratcliffe

Ratcliffe disebut-sebut sebagai salah satu orang terkaya di Inggris. Total hartanya menyentuh angka 15 miliar poundsterling.

Menurut laporan Telefoot, Ratcliffe kini juga mendapat dukungan dari Goldman Sachs dan JP Morgan Chase & Co. Dua perusahaan tersebut siap meminjamkan dana mencapai 659 juta poundsterling untuk mendukung akuisisi Manchester United.

Namun, dalam beberapa hari terakhir, Ratcliffe menemukan lawan seimbang. Konsorsium investor asal Qatar siap memberikan penawaran fantastis yang sulit ditolak Glazers.

Investor asal Qatar ini juga disebut terpisah dengan Qatar Sports Investments (QSI) yang kini menjadi pemilik Paris Saint-Germain (PSG). Namun belum diketahui orang di balik konsorsium tersebut.

Selain itu, investor asal Arab Saudi juga siap ikut bersaing. Kelompok ini juga tidak termasuk dalam konsorsium yang mengakuisisi Newcastle United.

Persaingan akan semakin ketat dengan munculnya kandidat dari Amerika Serikat. Lebih dari satu konsorsium asal Negeri Paman Sam dikabarkan siap ikut bersaing.

Banyaknya pihak yang ingin memiliki Manchester United menjadi bukti reputasi mereka sebagai salah satu klub paling berharga di dunia. Kondisi ini tentu juga menguntungkan Glazers yang tinggal memilih tawaran terbaik.

Manchester United Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan