BolaSkor.com - Timnas Jepang tampil meyakinkan dengan membungkam Jerman lewat skor 2-1, pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11) malam WIB.

Sempat tertinggal oleh gol penalti Ilkay Gundogan pada babak pertama, timnas Jepang membalas dua gol pada babak kedua lewat dua pemain pengganti, Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Ini jadi kali pertama timnas Jepang menang pada laga Piala Dunia usai tertinggal lebih dulu.

Baca Juga:

8 Fakta Menarik Usai Jerman Dipecundangi Jepang

Jerman 1-2 Jepang: Samurai Biru Libas Tim Panser

Melihat 3 Pemain J League Non-Jepang yang Mentas di Piala Dunia 2022

Yuto Nagatomo
Yuto Nagatomo. (J League)

Dalam kemenangan bersejarah ini, para pemain dari Meiji Yasuda J1 League punya peranan penting di timnas Jepang.

Dari tujuh pemain J League yang dibawa Jepang ke Piala Dunia 2022, tiga di antaranya jadi starter pada laga lawan Jerman.

Di pos bek sayap, ada Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds) di sisi kanan, dan juga Yuto Nagatomo (FC Tokyo) di sisi kiri.

Yuto Nagatomo bermain 57 menit sebelum digantikan oleh Kaoru Mitoma.

Nagatomo yang tampil dalam Piala Dunia keempatnya mencatatkan satu sapuan, satu kali menang duel udara, 86 persen umpan sukses, 15 kali sentuhan bola, satu umpan kunci, dan satu umpan silang.

Hiroki Sakai
Hiroki Sakai. (J League)

Sedangkan Hiroki Sakai bermain 74 menit sebelum ditarik keluar digantikan oleh Takumi Minamino. Sakai tampil luar biasa di lini belakang dengan melakukan lima kali sapuan, satu kali blok, satu intersep, empat tekel, dan memenangi lima tujuh dari 14 duel yang ia lakukan.

Soal menyerang, Sakai menyisir sisi sayap kanan timnas Jepang dengan melakukan 48 kali sentuhan, 57 persen umpan sukses, satu umpan kunci, dan satu kali tembakan.

Shuichi Gonda
Shuichi Gonda. (J League)

Penampilan keduanya menyokong penampilan apik kiper timnas Jepang, Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse), yang terpilih menjadi Man of the Match pada laga tersebut versi FIFA.

Gonda sebenarnya mengawali laga dengan cukup baik, sebelum kemudian melanggar David Raum yang membuat Jerman mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-33.

Di luar itu, Gonda memang tampil sebagai tembok tak tergoyahkan di lini belakang Samurai Biru.

Ia dihujani 26 tembakan dari timnas Jerman, dengan sembilan di antaranya tepat sasaran. Sepanjang laga, Gonda harus melakukan delapan kali penyelamatan.

Salah satunya, Gonda harus melakukan tiga penyelamatan beruntun yang luar biasa dalam peluang yang dimiliki Jonas Hofmann dan dua peluang Serge Gnabry, membuat gawang Jepang tetap tak kebobolan lagi.

Sepanjang sejarah, hanya Yoshitaku Kawaguchi pada laga lawan Brasil di Piala Dunia 2006 yang punya penyelamatan lebih banyak untuk Samurai Biru di Piala Dunia dalam satu laga (10 penyelamatan).

Selanjutnya, para pemain J League dan timnas Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada partai kedua Grup E di Stadion Ahmad bin Ali, Ar-Rayyan, Minggu (27/11).

Rapor pemain J League di timnas Jepang vs Jerman:

Starter:

Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) - Main 90 menit

Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds) - Main 74 menit

Yuto Nagatomo (FC Tokyo) - Main 57 menit

Tak Main:

Miki Yamane (Kawasaki Frontale)

Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale)

Yuki Soma (Nagoya Grampus)

Shuto Machino (Shonan Bellmare)