BolaSkor.com - Manchester United tinggal selangkah lagi untuk menyelesaikan transfer Raphael Varane. Bek berusia 28 tahun itu akan menambah kental aroma Prancis di tubuh Setan Merah.

Manchester United dan Real Madrid dikabarkan telah menyetujui nilai transfer Varane. Angkanya sekitar 34 juta poundsterling ditambah bonus.

Jika benar terwujud, Varane akan menjadi pemain Prancis ketiga yang mengisi skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Dua nama lainnya yaitu Paul Pogba dan Anthony Martial.

Baca Juga:

Akhirnya, Ada Here We Go pada Transfer Raphael Varane ke Manchester United

Harga Raphael Varane Lebih Murah dari Calon Bek Arsenal?

Manchester United Masih Berupaya Selipkan Pogba dalam Negosiasi Varane

Manchester United memang punya hubungan erat dengan pemain asal Prancis. Secara keseluruhan, Varane akan menjadi pemain ke-13 yang pernah dan akan membela kubu Old Trafford.

Dari daftar tersebut, sejumlah nama menjelma menjadi legenda klub. Namun ada juga yang gagal bersinar.

Eric Cantona bisa dibilang menjadi bintang Prancis yang paling melegenda di Manchester United. Karismanya sulit ditandingi pemain lain.

Varane mungkin akan kesulitan untuk menyaingi popularitas Cantona di mata suporter. Namun ia punya potensi melanjutkan kesuksesan bek asal Prancis di Manchester United.

Sebelum Varane, Manchester United sudah pernah memiliki empat bek berkebangsaan Prancis. Tiga di antaranya mampu mempersembahkan trofi.

Bagaimana rekam jejak bek-bek Prancis di Manchester United? BolaSkor.com telah merangkumnya di bawah ini:

1. William Prunier

William Prunier menjadi bek Prancis pertama yang memperkuat Manchester United. Sayang, kisahnya berakhir tragis.

Prunier datang ke Manchester United dengan status trial pada Desember 1995. Ia merupakan mantan rekan setim Cantona di Auxerre.

Krisis bek yang melanda Manchester United membuat Sir Alex Ferguson langsung mempromosikan Prunier ke tim utama. Laga kontra Queens Park Rangers menjadi panggung debutnya.

Prunier tampil cukup apik dalam pertandingan tersebut. Ia membantu Manchester United meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Prunier pun kembali menjadi andalan di pertandingan berikutnya saat berhadapan dengan Tottenham Hotspur. Namun cerita yang bertolak belakang terjadi dalam laga ini.

Manchester United harus takluk dengan skor 1-4 atas Tottenham. Prunier menjadi kambing hitam dari kekalahan memalukan tersebut.

Ironisnya, itu menjadi laga terakhir Prunier bersama Manchester United. Ia memilih pulang ke Prancis meski ditawari perpanjangan masa trial.


2. Mikael Silvestre

Cerita buruk Prunier tak membuat Ferguson alergi dengan bek berkebangsaan Prancis. Tiga tahun berselang, ia mendatangkan Mikael Silvestre dari Inter Milan.

Karier Silvestre jauh lebih baik ketimbang Prunier. Ia bahkan sempat menjadi salah satu andalan Manchester United di lini pertahanan.

Silvestre total bermain selama sembilan musim di Manchester United. Ia turut membantu klub meraih sepuluh trofi.


3. Laurent Blanc

Dua tahun setelah kedatangan Silvestre, Manchester United kembali mendatangkan bek Prancis dari Inter Milan. Nama yang dimaksud adalah Laurent Blanc.

Ferguson sebenarnya sudah memburu Blanc sejak musim panas 1996. Namun Inter Milan ketika itu enggan melepasnya.

Transfer Blanc baru terwujud lima tahun berselang. Sang pemain diproyeksikan menjadi pengganti Japp Stam yang pindah ke Lazio.

Blanc yang sudah cukup tua tampil kurang memuaskan pada musim perdana di Old Trafford. Manchester United pun harus menyerahkan trofi Premier League ke Arsenal.

Namun kegagalan tersebut mampu ditebus Blanc semusim berselang. Ia turut membantu Manchester United merebut kembali trofi Premier League dari tangan Arsenal sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu.


4. Patrice Evra

Kejayaan bek Prancis di Manchester United mampu dilanjutkan Patrice Evra. Ia didatangkan dari AS Monaco pada musim dingin 2006.

Secara perlahan, Evra menjelma menjadi salah satu bek sayap terbaik di Premier League. Ia juga mampu mempersembahkan banyak gelar untuk Manchester United.

Dalam 8,5 tahun masa pengabdiannya, Evra mampu mengoleksi 14 medali juara. Sesuatu yang akan sulit disaingi oleh Varane.