Memahami Pentingnya Peran Fisioterapis pada Asian Para Games 2018

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 10 Oktober 2018
Memahami Pentingnya Peran Fisioterapis pada Asian Para Games 2018
Ayu Rahmayana. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Asian Para Games 2018 telah berlangsung sejak Sabtu (6/10). Selama perhelatan tersebut, tidak terhitung ratusan atlet yang bertanding demi mengharumkan negara masing-masing.

Dalam bertanding, terdapat sebuah momok yang ditakuti oleh setiap atlet, tidak terkecuali pada Asian Para Games 2018. Momok tersebut adalah cedera yang mereka alami.

Oleh sebab itu, wajar kiranya panitia penyelenggara menyediakan tim medis untuk merawat para atlet. Tim medis tersebut sebaiknya terdiri dari dokter, perawat hingga fisioterapis.

Fisioterapis, sebuah kata yang biasa terdengar dalam dunia olahraga, tetapi tidak begitu terdengar gaungnya. Tentunya sepak terjang fisioterapis mengundang rasa penasaran tersendiri.

Bekerja di balik layar tidak serta merta membuat peran fisioterapis tersingkirkan. Justru, fisioterapis merupakan bagian tidak terpisahkan dari dunia olahraga.

Pendapat tersebut diamini oleh Ayu Rahmayana, satu di antara fisioterapis yang bertugas pada Asian Para Games 2018. Ayu, demikian dia biasa dipanggil, menilai profesinya sangat penting dalam ajang olahraga.

"Menurut saya, peranan seorang fisioterapis itu sangat penting dimulai sejak awal pertandingan hingga selesai. Merawat ketika mereka pertama kali cidera sampai mereka siap untuk kembali ke lapangan tutur Ayu ketika ditemui BolaSkor.com, Selasa (9/10) malam.

"Dalam fisioterapi olahraga tugas kita yaitu membuat program latihan khusus untuk atlet yang cedera. Tujuannya yaitu mencegah terjadinya cedera berulang."

"Ada empat peranan fisioterapi olahraga yaitu promotif memberikan gambaran kepada atlet dan pelatih tentang fisioterapi, preventif meminimilisir terjadinya cidera salah satunya dengan melakukan stretching, kuratif memberikan pengobatan kepada atlet yg cidera. Rehabilitatif membuat program pemulihan pasca cidera". Ayu melanjutkan di tengah kesibukannya merawat atlet, dengan ramah.

Asian Para Games Asian Para Games 2018 Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan