BolaSkor.com - Sejarah baru tercipta di sepak bola Inggris. Untuk kali pertama teknologi VAR (Video Asisten Wasit) digunakan di Premier League. Pada Sabtu (10/8) ada empat pertandingan yang melakukan peninjauan ulang dari VAR.

Keempat pertandingan itu adalah: West Ham United vs Manchester City, Burnley vs Southampton, Watford vs Brighton & Hove Albion, Bournemouth vs Sheffield United, dan Tottenham Hotspur vs Aston Villa.

Penggunaan VAR itu memecah opini di antara publik. Beberapa fans yang menyaksikan langsung pertandingan cukup antusias menyambutnya dan bahkan larut dalam kebahagiaan. Mereka berteriak "VAR, VAR, VAR" seolah itu adalah candaan.

Baca Juga:

Manajer Chelsea Nilai Premier League Belum Siap Terapkan VAR

Hasil Premier League: Man City dan Tottenham Raih Hasil Positif

Gunakan VAR Musim 2019-2020, Premier League Tak Lagi Ketinggalan Zaman

Mike Dean berdiskusi dengan tim VAR

"Jelas ada hal positif dan negatif tetentu mengenainya di dalam stadion. Sebagai tambahan, tidak diragukan lagi, menambah drama dan atmosfer di tribun. Keputusan mengindahkan gol kedua Gabriel Jesus menyenangkan fans West Ham," tutur Gary Rose, peliput laga West Ham dan Man City untuk BBC Sport.

"Di layar lebar grafik menunjukkan tinjauan ulang VAR dibutuhkan dan hasilnya sudah jelas, hal ini dipertegas melalui pengumuman di speaker. Kendati demikian, insiden penalti setelah sepakan Sergio Aguero ditepis dan kemudian mencetak gol, diulang kembali, dan ini membuat fans bingung."

Cerita dari Rose itu sedikit menggambarkan drama yang diberikan VAR pada debut di Premier League. Laga West Ham kontra City berakhir 5-0 untuk kemenangan The Citizens, Sabtu (10/8) malam WIB.

Bahu Sterling offside

Di laga itu drama VAR cukup terlihat jelas. Satu tinjauan ulang yang cukup besar terjadi kala City mencetak gol ketiga di babak pertama. Gol ketiga dicetak Jesus, namun, dianulir wasit setelah melihat VAR karena Raheem Sterling (pemberi assist) terlebih dahulu offside.

Bahu Sterling offside dan dengan bantuan VAR hal kecil seperti itu tidak akan terlewatkan. Jesus sempat melakukan selebrasi gol sebelum kebingungan karena golnya tidak disahkan wasit. Tapi pada akhirnya, kekalahan dengan skor telak tidak dapat dihindari West Ham.

Debut VAR di Premier League

"Anda harus kuat secara mental ketika VAR tidak memihak Anda. Anda berpikir saat kedudukan 3-0 maka laga berakhir, tapi saat 2-0, laga sepenuhnya berbeda. Anda harus tenang dan kuat. Ini akan mengubah dinamika, bukan hanya untuk tim tapi juga penonton," terang Pep Guardiola, manajer Man City.

Selain drama VAR yang hadir di laga West Ham kontra Man City, keempat laga lainnya memang melakukan peninjauan ulang juga, tapi tidak ada keputusan dari wasit yang berubah dari tinjauan ulang VAR itu.

Menarik tentunya, di liga seketat Premier League yang berlangsung dengan intensitas tinggi, penggunaan VAR akan semakin meramaikan persaingan dan drama di atas rumput hijau.

"Aturan di Premier League adalah Anda offside atau tidak, jadi Anda tak bisa benar-benar mendebatkannya. Teknologi (VAR) telah berkembang, ini tak akan 100 persen akurat, tapi ini akan konsisten," tutur pemerhati sepak bola Inggris, Alan Shearer.