BolaSkor.com - Liverpool akan menjamu Chelsea dalam lanjutan Premier League 2020-2021, Jumat (5/3) dini hari WIB. Sorotan dalam laga ini akan tertuju ke arah kedua manajer, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel.

Ini memang menjadi kali pertama kedua manajer berkebangsaan Jerman itu berduel di Premier League. Klopp dan Tuchel tentu termotivasi untuk membuktikan lebih baik dari kompatriotnya.

Membahas kedua sosok tersebut tak lengkap rasanya jika tidak menyinggung Borussia Dortmund. Nama Klopp dan Tuchel memang mulai diperhitungkan saat menangani Die Borussen.

Baca Juga:

5 Laga Derby yang Libatkan Lebih dari Dua Klub

Sederet Produk Akademi yang Menghiasi Skuat Chelsea dan Man United

5 Pemain yang Kariernya Membaik di Chelsea Sejak Dilatih Tuchel

Dortmund bisa dibilang menjadi batu loncatan bagi Klopp dan Tuchel untuk unjuk kemampuan. Terbukti, keduanya langsung berkesempatan menangani tim besar usai meninggalkan Dortmund.

Klopp dipinang Liverpool. Ia kemudian menjelma menjadi legenda klub usai mempersembahkan Trofi Premier League yang begitu dirindukan.

Sementara Tuchel sempat dipercaya menangani Paris Saint-Germain. Di sana, ia sukses mempersembahkan berbagai gelar domestik.

Tuchel juga menjadi pelatih PSG pertama yang mampu membawa Les Parisiens ke final Liga Champions. Sayang ia gagal membawa pulang trofi karena takluk dari Bayern Munchen pada final musim lalu.

Sebelum mempersembahkan berbagai trofi untuk tim-tim besar, Klopp dan Tuchel juga meninggalkan sejumlah warisan untuk Dortmund. Berikut rinciannya:

1. Masa Bakti

Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel

Dari masa bakti, Klopp jauh lebih unggul ketimbang Tuchel. Ia menangani Dortmund selama tujuh musim pada periode 2008 hingga 2015.

Klopp mengundurkan diri usai musim 2014-2015. Manajemen Dortmund kemudian menunjuk Tuchel sebagai penggantinya.

Bersama Tuchel, Dortmund kembali menegaskan diri sebagai pesaing utama Bayern Munchen. Sayang konflik dengan petinggi klub membuat sang pelatih hanya bertahan selama dua musim.


2. Trofi

Borussia Dortmund

Klopp juga jauh lebih unggul dibanding Tuchel dalam hal trofi. Pria berkacamata itu tercatat mempersembahkan lima gelar bergengsi yaitu 2 Bundesliga, 1 DFB Pokal, dan 2 Piala Super Jerman.

Dua gelar Bundesliga yang diraih Dortmund bersama Klopp cukup sensasional. Hal itu karena mereka melakukannya secara beruntun pada musim 2010-2011 dan 2011-2012.

Sementara Tuchel hanya mampu mempersembahkan satu trofi untuk Dortmund yaitu DFB Pokal 2016-2017. Hal itu wajar mengingat masa baktinya yang relatif singkat.


3. Pemain bintang

Salah satu kesamaan Klopp dan Tuchel saat menangani Dortmund adalah melahirkan pemain bintang. Beberapa di antaranya bahkan mampu dijual dengan harga mahal.

Nama-nama besar seperti Robert Lewandowski, Ilkay Gundogan, Marco Reus, Matt Hummels hingga Mario Gotze merupakan murid Klopp. Bersama mereka, Dortmund mampu menghentikan dominasi Munchen di Bundesliga.

Sementara Tuchel juga mempromosikan sejumlah bintang anyar bagi Dortmund. Beberapa di antaranya yaitu Christian Pulisic, Ousmane Dembele, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Aubameyang memang sudah memperkuat Dortmund sejak Klopp masih berkuasa. Namun ketajamannya melonjak pesat saat bermain di bawah asuhan Tuchel.

Ketiga pemain tersebut memang telah meninggalkan Dortmund. Namun pihak klub mendapat keuntungan yang berlipat ganda dari harga belinya.