BolaSkor.com - Terobosan baru dibuat penggiat basket nasional, Ary Sudarsono. Mantan penyiar olahraga itu belum surut semangatnya membangkitkan basket di Indonesia.

Kali ini, Ary bergerak lewat Manusia Basket Indonesia (MBI). Organisasi ini dibentuk Ary agar masyarakat bisa memberi kontribusi nyata, dari lingkup terkecil.

“Gagasan MBI tercetus pada Bulan Agustus 2020. Jauh sebelumnya dimulai dari postingan kangen-kangenan dimedia social dan saat saya main basket bertemu dengan orang-orang yang mungkin pernah melihat berbagai event di era saya,” ujar Ary.

“Mereka meminta saya untuk turun gunung lagi membawa 'roh' basket hidup seperti dulu lagi," ujar Ary saat bersilaturahmi dan melantik kepengurusan komunitas MBI Bandung,” imbuhnya.

Baca Juga:

Daftar Lengkap NBA All Star 2021, James Harden Cadangan

Hasil NBA: Tanpa Davis, Lakers Tak Berdaya Lawan Nets

Ary sadar, usianya tidak lagi muda. Maka dari itu, ia mau meninggalkan warisan lewat MBI.

Sejauh ini sudah menjangkau 24 provinsi dengan angota lebih dari 2000. Namun, Ary menolak jika organisasinya ini disebut tandingan dari Perbasi.

“Perlu dicatat, MBI bukan organisasi tandingan. Melainkan MBI bersama-sama Perbasi sebagai induk organisasi basket Indonesia, berusaha untuk mencoba melahirkan manusia-manusia Indonesia yang punya kualitas dan dikagumi oleh bangsanya sendiri. Kita perlihatkan kemasyarakat Indonesia, orang-orang yang hobi basket itu punya kualitas, karakter dan memiliki perilaku yang baik,” ujar Ary.

Untuk kepengurusan masing-masing daerah, dijalankan oleh sekjen yang ditunjuk oleh MBI Pusat. Kedepannya, setiap daerah diarahkan untuk berkreasi secara mandiri membuat berbagai event basket atau kegiatan yang merangkul komunitas basket di sekitar.

"Pengurus tiap daerah dipilih dengan kerelaan dan komitmen mereka untuk membesarkan dan memajukan basket di daerah,” ujar Ary.