BolaSkor.com - Babak perempat final Liga Champions 2022-2023 akan menyajikan reuni antara Pep Guardiola dengan mantan klubnya. Hasil undian memang menjodohkan Manchester City dengan Bayern Munchen.

Seperti diketahui, Munchen merupakan satu dari tiga klub profesional yang pernah ditangani Guardiola. Ia melatih Die Roten pada periode 2013 hingga 2016.

Selama tiga musim menangani Munchen, Guardiola sukses mempersembahkan tujuh trofi bergengsi. Rinciannya adalah tiga gelar Bundesliga, dua DFB Pokal, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga:

Hasil Undian Perempat Final Liga Champions: Wakil Serie A Saling Jegal, Man City Tantang Bayern

7 Fakta Menarik Perempat Final Liga Champions: Chelsea Perkasa Lawan Madrid, Milan Berjaya Kontra Tim Italia

Nostalgia - Akhir Tragis Dominasi Klub Italia di Perempat Final Liga Champions

Sayangnya kepemimpinan Guardiola di Munchen memiliki satu noda besar. Juru taktik berkepala plontos itu gagal mempersembahkan trofi Liga Champions.

Menariknya, babak perempat final Liga Champions 2022-2023 akan menjadi pertemuan pertama Guardiola kontra Munchen pasca berpisah tujuh tahun silam.

Fakta tersebut tentu menambah daya tarik duel Manchester City kontra Munchen nanti. Apalagi kedua tim memiliki kekuatan yang cukup berimbang.

Meski begitu, Guardiola patut waspada. Ia punya rekor yang cukup buruk saat bertemu mantan klub di Liga Champions.

Duel kontra mantan setidaknya pernah dilakoni empat kali pada dua musim berbeda di Liga Champions. Menariknya, lawan yang dihadapi adalah Barcelona.

Guardiola pertama kali bertemu Barcelona pasca berpisah pada semifinal Liga Champions 2014-2015. Uniknya, saat itu, ia masih menangani Munchen.

Munchen asuhan Guardiola pada akhirnya harus rela membiarkan Barcelona melaju ke final. El Barca menang dengan agregat 5-3.

Barcelona berhasil mengalahkan Munchen asuhan Guardiola dengan skor telak 3-0 pada leg pertama di Camp Nou. Sementara raksasa Jerman itu hanya bisa membalasnya dengan skor 3-2 pada pertemuan kedua yang menentukan.

Guardiola kembali bertemu Barcelona saat sudah menangani Manchester City pada Liga Champions 2016-2017. Namun pertemuan dengan mantan ini terjadi lebih dini di fase grup.

Barcelona kembali memberikan tim asuhan Guardiola kekalahan telak di Camp Nou. Manchester City takluk dengan skor 0-4.

Manchester City memang berhasil membalas kekalahan tersebut usai menang 3-1 pada pertemuan selanjutnya. Namun, The Citizens tetap gagal merebut status juara grup dari tangan Barcelona.