BolaSkor.com - Panasnya Derby Manchester akan mewarnai lanjutan Premier League 2021-2022, akhir pekan nanti. Duel antara Manchester United kontra Manchester City ini dipastikan akan lebih menarik.

Kehadiran sosok Cristiano Ronaldo menjadi penyebabnya. CR7 memang akan kembali ambil bagian di Derby Manchester setelah 12 tahun absen.

Seperti diketahui, Ronaldo kembali ke pangkuan Manchester United pada musim panas kemarin. Ia diboyong dari Juventus dengan biaya transfer mencapai 15 juta euro saja.

Baca Juga:

Rekor Hebat Solskjaer atas Guardiola yang Tak Dimiliki Manajer Lain

Varane Cedera Jelang Derby Manchester, Solskjaer Harap-harap Cemas

9 Pemain Top yang Pernah Membela Duo Manchester

Menariknya, Ronaldo sempat lebih dulu dikabarkan akan pindah ke Manchester City. The Citizens kebetulan memang membutuhkan penyerang tengah anyar usai gagal memboyong Harry Kane.

Pada momen itulah Manchester United datang menikung. Setan Merah tak rela melihat mantan pemain terbaiknya menyeberang ke tim rival.

Saga transfer Ronaldo tersebut diyakini akan menambah bumbu Derby Manchester. Pemain berusia 36 tahun itu dipastikan kembali menjadi sorotan utama.

namun Ronaldo tidak akan canggung dengan kondisi ini. Ia sudah berpengalaman tampil di Derby Manchester.

BolaSkor.com telah merangkum statistik Ronaldo di Derby Manchester. Berikut ini rangkumannya:

1. Penampilan

Ronaldo tercatat sudah sebelas kali tampil di Derby Manchester. Sepuluh di antaranya terjadi pada ajang Premier League dan satu sisanya di Piala FA.

Ronaldo tampil sejak menit pertama dalam sembilan laga dan hanya dua kali sebagai pemain pengganti. Pemain jebolan Sporting Lisbon itu empat kali ditarik keluar sebelum pertandingan usai.

Dari jumlah tersebut, Ronaldo sukses membawa Manchester United memang tujuh kali. Enam di antaranya terjadi di Premier League.

Sementara Ronaldo dan Manchester United juga sempat kalah tiga kali dari Manchester City. Satu laga sisanya berakhir imbang.

Dalam periode tersebut, Ronaldo pernah dua kali absen di Derby Manchester. Momen itu terjadi pada Premier League musim 2005-2006 dan 2007-2008.

Manchester United tak mampu mengalahkan Manchester City tanpa Ronaldo. Dua laga itu berakhir dengan satu kekalahan dan satu kali imbang.


2. Gol

Nama Ronaldo belum berada di posisi atas dalam daftar top skorer Derby Manchester. Sejauh ini ia baru mencetak empat gol (tiga gol di Premier League, satu gol di Piala FA).

Jumlah tersebut masih kalah jauh dari yang dikumpulkan Wayne Rooney. Wazza kini masih berstatus sebagai pencetak gol terbanyak Derby Manchester dengan sebelas gol.

Derby Manchester akhir pekan nanti menjadi momentum Ronaldo untuk mengejar rekor Rooney. Ia memang menjadi tumpuan utama Manchester United untuk mencetak gol.


3. Kartu

Ronaldo pernah menjadi korban dari panasnya Derby Manchester. Tak tanggung-tanggung, dua kartu merah pernah diterimanya.

Kartu merah langsung bahkan diberikan kepadanya pada Derby Manchester, 14 Januari 2006. Saat itu Manchester United menyambangi markas Manchester City dalam lanjutan Premier League 2005-2006.

Ronaldo dikartu merah langsung pada menit ke-66 usai melakukan tekel keras kepada Andy Cole. Ia terbawa emosi karena beberapa saat sebelumnya lebih dulu dilanggar dengan keras.

Kartu merah kedua Ronaldo pada musim 2008-2009. Ronaldo mendapat dua kartu kuning saat Manchester United kembali bertandang ke markas Manchester City.

Kartu kuning kedua Ronaldo didapat dengan cukup konyol. Ia menahan bola dengan tangan secara sengaja karena menganggap wasit sudah meniup peluit tanda pertandingan berhenti.

Ronaldo telah menerima 11 kartu merah sepanjang kariernya. Manchester City menjadi satu-satunya lawan yang membuatnya dua kali diusir wasit.

4. Momen Terbaik

Ronaldo melakoni debutnya di Derby Manchester pada 13 Desember 2004. Namun Ronaldo hanya tampil sebagai pemain pengganti dalam laga yang dimenangkan Setan Merah dengan skor 3-1.

Debut Ronaldo sebagai starter di Derby Manchester terjadi dua bulan berselang pada ajang Piala FA. Ia mampu menandai momen ini dengan satu gol dan satu assist untuk membawa timnya menang 4-2.