BolaSkor.com- Wakil Presiden Indonesia, JusuF Kalla (JK), mengatakan membludaknya jumlah perserta Asian Games 2018 menjadi bukti kondisi Indonesia semakin aman di mata internasional. JK yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) optimistis ajang empat tahunan tersebut bakal berlangsung sukses.

Berbagai teror bom yang terjadi beberapa bulan terakhir sempat menimbulkan kekhawatiran apakah Asian Games 2018 bisa tetap berlangsung dengan aman. Namun, banyaknya jumlah peserta yang mendaftar mematahkan keraguan tersebut.

"Dari laporan, 45 (negara) sudah mendaftarkan semuanya dan itu malah melebihi target kita. Atlet hampir 15.000 dan official 7.000 jadi 22.000," ujar JK di Kantor Inasgoc, Jakarta, Jumat (29/6).

"Karena penyelenggara menyiapkan total 15.000, lagi disaring untuk menyesuaikan dengan itu," sambungnya.

Terkait keamanan, JK berjanji pemerintah bakal menerapkan sistem terbaik selama Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September. Selain itu, JK menilai persiapan infrastruktur bisa selesai tepat waktu.

"Kami dengan kepolisian dan keamanan di lapangan juga cyber security telah berjalan dengan baik. Jadi, bisa dikatakan semua perencanaan baik, target infrastruktur, penyelenggaraan, dan prestasi bisa berjalan seirama," tutur JK.