Menang di Detik Akhir Lawan Barito Putera, Thomas Doll Puji Mental Bertanding Pemain Persija

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 23 Februari 2023
Menang di Detik Akhir Lawan Barito Putera, Thomas Doll Puji Mental Bertanding Pemain Persija
Para pemain Persija merayakan gol kemenangan atas Barito Putera yang dilesakkan Hansamu Yama Pranata. (Media Persija)

BolaSkor.com - Persija Jakarta kembali menunjukkan mental pemenang saat menghadapi Barito Putera pada pekan ke-26 Liga 1 2022/2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (23/2).

Dalam pertandingan itu Persija sempat kecolongan oleh gol Gustavo Tocantins pada menit ke-32. Namun, tiga menit kemudian, skor berubah menjadi 1-1 setelah Riko Simanjuntak mencetak gol penyama kedudukan.

Di babak kedua, Persija terus menekan pertahanan Barito Putera. Usaha tidak kenal lelah itu berbuah hasil di menit 90+8, tepatnya saat detik-detik terakhir sebelum laga berakhir. Ilham Rio Fahmi mengirimkan umpan ke pertahanan Barito Putera dan kemudian diteruskan dengan sundulan oleh Hansamu Yama Pranata. Persija berbalik unggul 2-1 benar-benar di detik terakhir.

Pelatih Persija Thomas Doll mengakui bahwa laga kontra Barito Putera tidak mudah. Persija memang unggul dalam penguasaan bola, tapi dinilai kesulitan mengembangkan permainan.

Namun, mental bertanding yang ditunjukkan Hansamu Yama Pranata di atas lapangan berhasil membuahkan poin penuh untuk Macan Kemayoran sehingga. Kemenangan itu membuat Persija naik ke peringkat 2 dengan poin 50 sekaligus menjaga persaingan juara tetap panas dengan PSM Makassar (53 poin) dan Persib Bandung (49).

"Ini bukan pertandingan yang mudah, saya pikir kami pada babak pertama tidak memiliki penguasaan bola yang baik, kami sedikit kesulitan menunjukkan gaya permainan. Sebenarnya itu tidak diperlukan karena pemain seharusnya bisa melakukan lebih baik lagi," kata Thomas Doll.

Baca Juga:

Persija Geser Persib, Dewa United FC Kalah Tipis dari Bali United

Dikalahkan Bali United, Rangga Muslim Sebut Dewa United FC Kehilangan Momentum

Dony Tri Pamungkas Disebut Mirip Ryan Giggs, Thomas Doll Beri Satu Masukan Penting

"Tapi pemain memiliki hati yang besar, sangat-sangat besar. Karena, ketika pemain saling percaya hingga akhir, dan bisa mencetak gol pada sampai 90 menit/98 menit, pemain saling percaya dan percaya pada strategi.

"Pemain tidak pernah menyerah, ini sangat bagus untuk di lihat. Bisa saja terjadi ketika kalah 0-1 dan kemudian kehilangan kepercayaan diri dan tidak percaya dengan kekuatan. Ini adalah kerja yang sangat baik, seperti saat melawan Bali United, 'Very Monster Mentality', dan hari ini juga," ujar Thomas Doll.

Karena itu, sebagai pelatih, Thomas Doll sangat mengapresiasi kerja keras pemain di partai melawan Barito Putera. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu menilai mereka mengalami perkembangan signifikan mulai dari permainan sampai mentalitas bertanding.

"Saya berpikir bagaimana pemain berkembang semenjak kami memulai (Liga) satu tahun yang lalu, di Mei-Juni, dan saya lihat mereka, perkembangan mereka, itu sangat fantastis."

"Seseorang bicara pada saya, bahwa pemain Indonesia butuh mentalitas Jerman, mereka (pemain) tahu mereka tidak membutuhkan Mentalitas Jerman. Mereka belajar, dan tidak menyerah hingga wasit meniupkan peluit di akhir," pungkasnya.

Persija jakarta Barito Putera Thomas Doll Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.345

Bagikan