BolaSkor.com – Sampai musim 2019, MotoGP tidak memiliki sirkuit jalan raya, sehingga tidak ada perbandingan tepat dengan lomba Formula 1 (F1) yang berlangsung di Sirkuit Jalan Raya Monako, Monte Karlo.

Sirkuit Assen, Belanda, acap kali disebut sebagai sirkuit paling ikonik di MotoGP lantaran sudah masuk kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor sejak 1949.

Baca Juga:

Menuju Lomba di Mugello, Direktur Yamaha Sebut Valentino Rossi Sangat Termotivasi

Di MotoGP Italia, Valentino Rossi Percaya Diri Bisa 'Sembunyikan' Kelemahan Motor Yamaha

Namun untuk seorang Valentino Rossi kemenangan di Sirkuit Mugello, Italia, tempat lomba putaran keenam MotoGP 2019, akhir pekan ini, bisa dibandingkan dengan kemenangan di Monako.

Alasannya karena layaknya Monako, tata letak sirkuit Mugello tidak mengalami perubahan sejak dahulu dan menyajikan atmosfer balap spesial, utamanya untuk pembalap tuan rumah.

“Monte Karlo merupakan tempat yang spesial. Tapi saya pikir ya (menang di Mugello sama seperti di Monako), karena sirkuitnya sangat bersejarah,” Rossi menuturkan.

Mugello sendiri kali pertama masuk kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor pada tahun 1978 dan terus menjadi tempat lomba MotoGP Italia sejak 1994.

“Sejak 1996, tahun pertama saya di Kejuaraan Dunia Balap Motor, MotoGP Italia selalu di Mugello. Tapi trek ini sudah terkenal sejak tahun 1970-an dan tata letak trek masih sama,” pembalap Monster Yamaha MotoGP itu menuturkan.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com