BolaSkor.com - Timnas Indonesia masuk dalam Grup G pada babak putaran kedua kualifikasi bersama Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Itu sesuai hasil undian di markas AFC, Kuala Lumpur, Rabu (17/7) sore.

Timnas Indonesia langsung lolos ke putaran kedua, karena masuk dalam 34 besar Asia, tepatnya peringkat ke-32 dalam ranking FIFA per April 2019. Berbeda dengan enam negara yang lolos setelah bertanding lebih dulu di putaran pertama, yakni Malaysia, Kamboja, Mongolia, Bangladesh, Guam, dan Sri Lanka.

Sebelum pengundian, Indonesia dimasukkan dalam Pot 5. Indonesia berada bersama dengan Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, dan Sri Lanka.

Pembagian pot. (Twitter AFC)

Pot 5 menjadi tempat, setelah jatuh di peringkat ke-160 dalam ranking FIFA per 14 Juni 2019 atau peringkat 33 Asia. Ranking FIFA per Juni 2019 jadi patokan dalam penentuan pot untuk putaran kedua kualifikasi bersama Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Undian membagi 40 negara ke dalam delapan grup. Berdasarkan hasil undian, Indonesia berada bersama Malaysia, Thailand, Vietnam, Uni Emirate Arab. Hasil undian terbilang cukup memudahkan Indonesia meski akan melawan tim kuat di kawasan ASEAN seperti Vietnam dan Thailand.

Babak kualifikasi akan dimulai 5 September dan berakhir 9 Juni 2020. Delapan juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2022 sekaligus menjadi peserta Piala Asia 2023.

Hasil Pembagian Grup:

Grup A: China, Suriah, Filipina, Maladewa, Guam

Grup B: Australia, Yordania, China Taipei, Kuwait, Nepal

Grup C: Iran, Irak, Bahrain, Hong Kong, Kamboja

Grup D: Arab Saudi, Uzbekistan, Palestina, Yaman, Singapura

Grup E: Qatar, Oman, India, Afghanistan, Bangladesh

Grup F: Jepang, Kyrgistan, Tajikistan, Myanmar, Mongolia

Grup G: UEA, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia

Grup H: Korea Selatan, Lebanon, Korea Utara, Turkmenistan, Sri Lanka