BolaSkor.com - FIBA World Cup 2023 bakal hadir di Indonesia. Tak hanya sekadar menyaksikan pertandingan atlet kelas dunia, penggila basket Tanah Air juga bisa ikut berkontribusi dalam memilih nama maskot ajang empat tahunan tersebut.

Maskot FIBA World Cup 2023 merupakan buah dari tiga desainer dari masing-masing tuang rumah yakni Jepang, Filipina, dan Indonesia. Ornamen dari ketiga negara tersebut tersemat dalam maskot yang berbentuk robot.

Namun maskot tersebut belum bernama. Tugas penggila basketlah yang menentukan nama dari robot tersebut.

Ada tiga pilihan nama yakni JIP, TREY, BEN, BOB, SAM, dan Sparky. Masing-masing nama memiliki arti.

JIP merupakan akronim dari negara tuan rumah FIBA World Cup 2023. Sementara Trey berarti tiga angka atau melambangkan tiga tuan rumah. Lalu Ben merupakan singkatan dari Basketballing Ecological Niobot.

BOB dari Bio-mechanical OpenSource Basketballer.Lalu SAM yang berarti Self aware. Adapun Sparky berarti memicu.

"Piala Dunia FIBA 2023 akan jadi acara unik, diselenggarakan untuk kali pertama di tiga negara sekaligus," ujar Ketua Komite Manajemen Gabungan Piala Dunia FIBA 2023, Richard Carrion.

"Kami menginginkan konsep baru untuk maskot. Selain untuk merayakan dan menghibur, juga untuk membawa pesan yang sangat penting di dunia," imbuhnya.

Untuk memilih nama, para penggemar basket bisa memberi suara lewat fiba.basketball. Pengumpulan suara dibuka hingga 30 Juni 2022.