BolaSkor.com - Kasus rasisme mewarnai matchday terakhir fase grup Liga Champions 2020-2021 antara Paris Saint-Germain (PSG) kontra Istanbul Basaksehir. ironisnya, pelakunya adalah seorang wasit bernama Sebastian Coltescu yang bertugas sebagai ofisial keempat atau wasit cadangan.

Laga yang berlangsung di Parc des Princes, Rabu (9/12) dini hari WIB awalnya berjalan normal.Namun semuanya berubah ketika pertandingan memasuki menit ke-14.

Pada momen tersebut, Coltescu meminta wasit utama, Ovidiu Hategan memberikan hukuman kartu kepada Pierre Webo yang berstatus sebagai asisten pelatih Basaksehir. Mantan penyerang Timnas Kamerun itu dinilainya telah melakukan protes berlebihan.

Baca Juga:

Pelecehan Rasial di Paris, Laga PSG Vs Basaksehir Ditunda

Hasil Laga-laga Liga Champions: MU Tersungkur di Jerman, Chelsea Imbang

Cristiano Ronaldo 'Menari-nari di Rumah' Lionel Messi

Sebastian Coltescu (kiri) dan pelatih Istanbul Basaksehir, Okan Buruk.

Masalahnya, Coltescu menggunakan kata-kata rasial untuk memberi informasi kepada wasit utama. Ia menggunakan kata ganti negro untuk menunjuk sosok Webo.

Webo yang mendengar ucapan tersebut sontak tersulut emosinya. Para ofisial Basaksehir yang lain juga turut memprotes tindakan Coltescu.

Insiden itu akhirnya berbuntut panjang. PSG dan Basaksehir sepakat menolak melanjutkan pertandingan dan kembali ke ruang ganti.

UEFA kemudian mengambil keputusan untuk menunda pertandingan ini selama 24 jam ke depan. Nantinya, peran Coltescu sebagai ofisial keempat juga akan digantikan wasit lain.

Menariknya, Coltescu ternyata sudah akrab dengan sejumlah kontroversi saat bertugas menjadi pengadil lapangan hija. Wasit berkebangsaan Rumania itu ternyata punya catatan hitam kala bertugas di negaranya.

Dilansir dari AS, Coltescu pernah dihukum turun kelas memimpin kompetisi kasta kedua liga Rumania pada tahun 2007. Namun 'hukuman' itu hanya berlangsung satu tahun.

Kariernya sebagai wasit praktis tak banyak berkembang. Coltescu jarang mendapat kesempatan memimpin pertandingan-pertandingan krusial meski sudah cukup berpengalaman.

Belum lama ini tepatnya pada 23 November silam, Coltescu juga sempat menjadi sorotan di negaranya. Ia memberikan penalti kontroversial pada laga Gaz Metan Medias kontra Steaua Bucharest dalam lanjutan Liga Rumania.

Coltescu memberikan penalti kepada Steaua Bucharest untuk pelanggaran yang berbau diving. Ironisnya, keputusan tersebut memastikan kemenangan tim tamu dengan skor 3-2.

Coltescu sendiri memberikan pembelaan dalam insiden di laga PSG kontra Basaksehir. Ia mengklaim tidak bersikap rasis melainkan hanya terjadi salah paham karena perbedaan bahasa.

"Negru dalam bahasa Rumania berarti hitam. Saya tidak rasis," kata Coltescu kepada Telefoot.

Terlepas dari benar atau tidak pembelaannya, karier Coltescu kini terancam. Bukan tidak mungkin FIFA atau UEFA menjatuhkan hukuman berat yang bisa mengakhiri pengabdiannya sebagai seorang wasit.