BolaSkor.com - Musim MotoGP 2019 telah berakhir dan titel juara dunia berhasil dipertahankan oleh Marc Marquez. MotoGP 2020 juga dinilai tidak kalah menariknya.

Untuk pembalap rookie atau debutan, MotoGP musim ini dipastikan kedatangan tiga nama yang sama-sama memiliki prestasi pada balap level sebelumnya.

Baca Juga:

5 Kemenangan Paling Spesial yang Diraih Valentino Rossi dan Alasannya

4 Hal Wajib Diketahui Menuju MotoGP 2020

Iker Lecuona
Iker Lecuona (Twitter/Iker Lecuona)

Berikut rangkuman BolaSkor.com mengenai profil tiga rookie yang akan berpartisipasi dalam aspal panas MotoGP musim 2020:

1. Iker Lecuona (KTM Tech 3)

MotoGP kembali kedatangan rider asal spanyol. Pembalap berusia 20 tahun ini bergabung dalam tim satelit KTM Tech 3 dan berusia paling muda dibandingkan dua rookie lainnya.

Iker Lecuona akan menjadi ancaman yang cukup besar bagi pembalap lain jika memiliki motor kompetitif. Karena ia terkenal memiliki gaya balap yang agresif dan punya kelebihan dalam mengatasi kekurangan daya cengkeram ban depan.

Lecuona mengawali karier profesional di dunia balap Bersama tim Swiss Junior/Suter pada Moto2 CEV Repsol Spanyol musim 2015. Catatan kurang baik diperolehnya pada debut di Moto2 karena hanya bisa mencapai posisi ke-17 klasemen akhir.

Pada Moto2 CEV Repsol Spanyol musim 2016, Leucona berhasil meningkatkan performanya dibanding musim sebelumnya. Pasca bergabung dengan tim Race Experience/Kalex, ia sukses mencapai posisi ke-7 klasemen akhir.

Namun saat mengikuti Kejuaraan Dunia Balap Motor kelas Moto2 2017, keberuntungan tidak berpihak kepadanya. Saat berjuang bersama tim Garage Plus/Kalex, Leucona beberapa kali mengalami kecelakaan dan cidera sehingga tidak bisa mendapat hasil yang baik.

Lecuona pun bergabung dengan KTM pada Moto2 2018. Performanya kembali meningkat, Leucona berhasil mendapat dua kali podium selama dua tahun bersama tim barunya, pertama di sirkuit Ricardo Tormo 2018 dan kedua di sirkuit Buriram 2019.

Karena performa itulah, ia direkrut KTM untuk tampil di tim satelit mereka, Tech 3 untuk musim 2020. Namun ia beruntung lantaran sudah menjalani debut MotoGP pada lomba terakhir musim lalu di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Dia menggantikan pembalap utama KTM Tech 3, Miguel Oliviera mengalami cedera parah. Namun debutnya tidak berjalan mulus karena harus mengalami kecelakaan di lintasan.

Target paling realistis buat Lecuona di MotoGP 2020 adalah menempel ketat rekan setimnya, Oliveira yang menjalani musim debut tahun lalu dengan baik. Jika berhasil, penampilan Lecuona sudah bisa dibilang baik.