BolaSkor.com - Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, sempat berkelakar memelihara ular di MotoGP. Maksud Rossi adalah pembalap yang dia didik melalui akademi miliknya VR46 Academy.

Ucapan tersebut dilontarkan oleh Rossi setelah balapan MotoGP San Marino. Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano itu, Rossi kalah dari dua pembalap didikannya.

Pemenang MotoGP San Marino adalah Franco Morbidelli yang merupakan calon rekan setim Rossi. Tempat kedua menjadi milik lulusan VR46 Academy lainnya, Francesco Bagnaia.

Morbidelli merupakan lulusan VR46 Acadmey pertama yang berlaga di MotoGP, tepatnya musim 2018. Keberhasilan itu diraihnya setelah memenangi Moto2 2017.

Baca Juga:

Crutchlow, Dovizioso, dan Misteri Kursi Terakhir Aprilia

Bersiap Kembali, Marc Marquez Mulai Latihan Fisik Pasca Cedera

Saat ini Morbidelli membela Petronas Yamaha, calon tim yang akan dibela Rossi pada MotoGP 2021. Morbidelli pula lulusan VR46 Academy pertama yang meraih kemenangan di MotoGP.

Di kelas MotoGP, hanya ada Morbidelli dan Bagnaia yang merupakan lulusan VR46 Academy. Namun, nama lain hampir pasti menyusul keduanya dalam waktu dekat.

Di Moto2 terdapat tiga pembalap VR46 Academy. Ketiganya adalah Luca Marini, Marco Bezzecchi, dan Stefano Manzi. Marini sendiri dikaitkan akan segera promosi ke MotoGP.

Hebatnya lagi, Marini dan Bezzecchi masuk tiga besar di klasemen Moto2 saat ini. Marini berada di peringkat pertama, sementara Bezzecchi di posisi ketiga, kalah dari Enea Bastianini.

Nama-nama di atas belum lagi pembalap VR46 Academy di Moto3. Pada kasta ketiga balapan motor itu, ada Celestino Vietti, Andrea Migno, serta Niccolo Antonelli.

Di semua kelas, hampir seluruh pembalap VR46 Academy sudah pernah meraih podium. Pembalap VR46 Academy yang belum pernah naik ke podium adalah Manzi, Migno, dan Antonelli.

Podium Ular Peliharaan Valentino Rossi Sepanjang 2020

MotoGP

Franco Morbidelli: 1 kali menang, 1 kali runner up

Francesco Bagnaia: 1 kali runner up

Moto2

Luca Marini: 2 kali menang, 2 kali runner up

Marco Bezzecchi: 1 kali menang, 1 kali runner up, 1 kali peringkat tiga

Stefano Manzi: -

Moto3

Celestino Vietti: 1 kali menang, 1 kali peringkat tiga

Andrea Migno: -

Nicollo Antonelli: -