Mengenal Ethan Nwaneri, Pemain Termuda Sepanjang Masa yang Bermain di Premier League

Arief HadiArief Hadi - Senin, 19 September 2022
Mengenal Ethan Nwaneri, Pemain Termuda Sepanjang Masa yang Bermain di Premier League
Ethan Nwaneri (Twitter)

BolaSkor.com - Kekalahan dari Manchester United sudah menjadi angin berlalu untuk Arsenal. The Gunners bangkit di pekan delapan Premier League melawan Brentford di Gtech Community Stadium, Minggu (18/09) malam WIB, dengan kemenangan 3-0.

Tiga gol Arsenal dicetak oleh William Saliba (17'), Gabriel Jesus (28'), dan Fabio Vieira (49'). Arsenal juga mendominasi permainan dengan 64 persen penguasaan bola, melepaskan 13 tendangan dan tujuh di antaranya tepat sasaran.

"Saya sangat senang dengan cara kami bermain, performa, bagaimana kami mengontrol area tertentu dalam permainan yang sangat wajib jika Anda ingin mendominasi pertandingan melawan Brentford. Saya sangat senang untuk meminimalkan peluang bagi mereka," papar Arteta seperti dikutip dari situs resmi Arsenal.

Baca Juga:

Tekuk Brentford, Arsenal Kembali ke Puncak Klasemen Premier League

Skuad Timnas Brasil: Tiga Pemain Arsenal Absen, Trio Manchester United Dipanggil

Mikel Arteta Heran Tiga Bintang Arsenal Diabaikan Timnas Brasil

Arsenal memimpin puncak klasemen dengan 17 poin dari tujuh laga jelang jeda internasional. Peran Mikel Arteta besar di balik kebangkitan Arsenal, begitu juga dengan peran rekrutan anyar seperti Gabriel Jesus, Oleksandr Zinchenko, plus William Saliba yang kembali dari masa pinjaman.

Akan tapi melawan Brentford ada satu pemandangan menarik ketika Mikel Arteta mengganti pemain di menit 90+2. Fabio Vieira ditarik keluar dan Ethan Chidiebere Nwaneri bermain. Seketika rekor pun pecah.

Menurut Opta, Nwaneri jadi pemain termuda sepanjang masa yang pernah tampil di Premier League. Nwaneri berusia 15 tahun 5 bulan 29 hari, memecahkan rekor Harvey Elliott (16 tahun 1 bulan) dan Matthew Briggs (16 tahun 2 bulan dan 7 hari). Arteta punya alasan memainkannya.

"Itu adalah firasat murni. Saya bertemu anak (Nwaneri) itu, saya sangat menyukai apa yang saya lihat. Jelas Per (Mertesacker) dan staf akademi memberi saya informasi yang sangat bagus tentang dia juga. Saya bertemu dengannya, dia juga berlatih beberapa kali bersama kami," tambah Arteta.

"Kemarin dia harus datang karena kami mengalami cedera, terutama pada Martin, dan kemudian saya memiliki perasaan dari kemarin bahwa jika ada kesempatan, saya akan melakukannya, dan saya baru saja melakukannya."

"Semua keputusan yang kami ambil, yang saya ambil itu untuk klub. Ini bukan untuk saya, ini bukan untuk pemain. Itu karena kami percaya bahwa dia memiliki bakat yang harus dikembangkan dalam dua atau tiga tahun ke depan dan kami akan melihat bagaimana kami mengelolanya."

"Dia akan mendiktekan itu, biasanya bukan kami, biasanya para pemain memberi tahu Anda dan menuntut Anda seberapa jauh mereka bisa melangkah," ujar Arteta.

Nama Nwaneri masih asing bagi fans sepak bola. BolaSkor telah merangkum hal-hal yang perlu diketahui dari Ethan Nwaneri, berikut penjabarannya:

1. Ethan Nwaneri lahir di Inggris pada 21 Maret 2007 dan memiliki nama lengkap Ethan Chidiebere Nwaneri. Nwaneri juga memiliki orang tua berdarah Nigeria.

2. Nwaneri gabung Arsenal pada usia sembilan tahun dan pada usia 14 tahun sudah bermain untuk Arsenal U-18. Pada musim 2022-2023 Nwaneri diplot bermain di tim U-18, tapi karena perkembangannya ia masuk tim U-21.

3. Selain rekor pemain termuda sepanjang masa Premier League, Nwaneri juga memecahkan rekor pemuda termuda sepanjang masa Arsenal yang bermain di seluruh kompetisi, memecahkan rekor sebelumnya yang dimiliki Cesc Fabregas (16 tahun 177 hari).

4. Nwaneri berposisi sebagai gelandang serang yang juga dikenal dengan kemampuan teknik dan juga bagus kala berlari dan mengontrol bola. Nwaneri berperan sebagai pemain nomor 10 tapi juga dapat bermain di banyak posisi serang.

5. Nwaneri berstatus pemain timnas Inggris U-17 dan menunjukkan perkembangan pesat di Arsenal, beranjak dari tim U-21 lalu dipanggil Mikel Arteta ke tim senior serta berlatih bersama pada September 2022.

Arsenal Premier League Ethan Nwaneri Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan