BolaSkor.com - Piala Dunia, semua orang yang suka atau tidak sepak bola pasti membicarakan turnamen empat tahunan tersebut. Piala Dunia merupakan turnamen sepak bola paling prestisius bagi negara-negara di dunia ini.

Piala Dunia selalu melahirkan cerita menarik di dalam maupun luar lapangan. Di setiap sudut kota hingga desa penjuru dunia hampir dipastikan menyaksikan Piala Dunia.

Namun, pasti hanya beberapa orang yang tahu sejarah terbentuknya Piala Dunia. Siapa pencetusnya? Berasal dari negara mana? kapan dimulai pertama kali? Hingga perjalanan membentuk Piala Dunia?
Mari dijawab satu per satu dalam sebuah ulasan sejarah.

Jules Rimet Sang Pencetus Piala Dunia Merupakan Anak Pedagang

Pencetus Piala Dunia adalah Jules Rimet. Ia lahir di Prancis pada tanggal 14 Oktober 1873. Rimet lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya hanya seorang pedagang kelontong.

Rimet lahir di toko sederhana milik ayahnya yang terletak di desa Theuley-les-Lavoncourt kawasan Haute Saunte, Franche-Comte, sebelah timur Prancis. Semasa kecil, Rimet sudah berjuang dengan keras untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya.

Ia merupakan siswa berprestasi dengan mendapat beasiswa dari universitas ternama di Prancis ketika itu. Ia pun mengambil studi hukum, dan langsung menjadi pengacara ketika lulus.

Rimet sejatinya tidak menyukai olahraga sepak bola. Olahraga favoritnya adalah anggar dan lari. Namun, ia mendirikan sebuah klub sepak bola bernama Red Star Saint-Ouen saat umurnya menginjak 24 tahun.

Klub tersebut didirikan pada tahun 1897. Red Star Saint-Ouen menjadi klub sepak bola kedua tertua di Prancis setelah Le Havre AC.