Mengenal Kota Split, Destinasi Kedua Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 08 Oktober 2020
Mengenal Kota Split, Destinasi Kedua Timnas Indonesia U-19 di Kroasia
Kota Split, Kroasia. (Istimewa)

BolaSkor.comTimnas Indonesia U-19/U-20 saat ini sedang melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) di Kroasia sejak akhir September lalu. Pada periode TC pertama, Timnas Indonesia U-19 melakukan TC di Kota Sveti Martin na Muri dan Zagreb, kini Timnas Indonesia U-19 berganti kota ke Split, Kroasia.

Split adalah kota terbesar kedua di Kroasia dan kota terbesar di wilayah Dalmatia. Kota ini terletak di pantai timur Laut Adriatik dan tersebar di semenanjung tengah dan sekitarnya. Sebuah pusat transportasi intraregional dan tujuan wisata populer, kota ini terhubung dengan pulau-pulau Adriatik dan semenanjung Apennine.

Di kota ini, sepak bola menjadi salah satu olahraga yang populer dibandingkan dengan tenis, basket, renang, dayung, layar, polo air, atletik, dan bola tangan. Bahkan para penduduk kota Split memberikan julukan sendiri kepada mereka sebagai kota paling sportif di Dunia.

Baca Juga:

Elkan Baggott Akhirnya Bergabung bersama Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Wawancara Eksklusif Shin Tae-yong: Penerapan Formasi 4-4-2 hingga Pembatasan Media Sosial

Klub sepak bola (sepak bola) utama adalah HNK Hajduk, salah satu klub paling populer di Kroasia yang didukung oleh asosiasi penggemar besar yang dikenal sebagai Torcida Split, sedangkan RNK Split adalah klub kedua di kota itu.

Stadion Poljud, Split Kroasia. (Istimewa)

Kota ini juga memiliki salah satu stadion terbesar di Kroasia, stadion tersebut adalah Stadion Poljud. Stadion ini merupakan stadion milik HNK Hajduk dengan kapasitas sekitar 35.000 penonton.

Tidak janya itu saja, Split juga melahirkan beberapa pemain sepak bola ternama. Slaven Bilic, Aljosa Asanovic, Igor Tudor, dan Stipe Pletikosa adalah beberapa penduduk asli Split terkenal yang memulai karier di Hajduk.

Para pemain Timnas Indonesia U-19 pun merasa nyaman ketika melakukan TC di kota Split ini. Menurut beberapa pemain, kota ini lebih hangat dibandingkan dengan kota sebelumnya. Selain itu Split juga dinilai memiliki lapangan yang bagus dibandingkan dengan kota sebelumnya.

Kota Split, Kroasia. (Istimewa)

"Setelah sebulan di kota Svati Martin na Muri dan Zagreb kami pindah tempat ke Split. Di sini lebih hangat dan suasana yang berbeda dibanding tempat TC sebelumnya,” kata kapten Timnas Indonesia U-19, David Maulana.

Tidak hanya David Maulana saja yang memberikan komentar, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun demikian. Mantan pelatih Korea Selatan ini menilai lapangan yang ada di Split lebih baik dari sebelumnya.

"Di sini udara lebih hangat dan lapangan juga bagus. Tentu para pemain harus selalu bekerja keras, semangat dan fokus pada TC ini," ujar Shin Tae-yong.

Rencananya Timnas Indonesia U-19 ini akan berada di kota Split sepanjangan bulan Oktober ini. Namun PSSI tidak memberitahukan pastinya sampai kapan TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia ini akan berakhir.

Seperti diketahui, TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala Asia U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Shin Tae-yong Breaking News
Posts

4.871

Bagikan