Mengenal Kurash, Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 21 Agustus 2018
Mengenal Kurash, Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018
Cabang olahraga Kurash (uzbek.org.uk)

BolaSkor.com - Kurash menjadi salah satu cabang olahraga baru yang dipertandingkan pada Asian Games 2018. Apa sebenarnya olahraga yang sekilas mirip dengan gulat ini?

Meski baru dipertandingkan di Asian Games 2018, Kurash sudah lama ada. Berabad-abad berlalu, kurash telah menjadi salah satu olahraga tradisi yang paling populer dan dihormati di Uzbekistan.

Kurash merupakan olahraga yang sederhana, ramah, menarik, dinamis, dan aman untuk berlatih. Tidak hanya itu, olahraga ini mengandung filosofi tinggi. Kurash sendiri berarti mencapai tujuan hanya dengan cara yang adil.

Ahli ilmu kedokteran tersohor Ibnu Sina, yang hidup pada abad ke-10 di Bukhara pernah menulis bahwa kurash merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa. Pada abad ke-14, salah satu negarawan terkemuka dari juga menggunakan kurash sebagai latihan fisik dan pertahanan diri pasukannya.

Di Uzbekistan, kurash sudah mengalir dalam darah masyarakat. Menurunkan kemampuan kurash sudah seperti menjadi kewajiban seorang ayah.

Pada awal abad ke-20, Rusia mengambil teknik lempar kurash dan menciptakan Sambo, olahraga baru lain yang juga dipertandingkan pada Asian Games 2018.

Pada 1990, Komil Yusupov, seorang ahli Kurash yang juga menguasai Judo dan Sambo melakukan penelitian tentang olahraga ini. Dari penelitiannya itulah kemudian tercipta aturan baku yang baru.

Aturan yang yang disusunnya menggabungkan hal-hal terbaik dari filosofi keberanian dan kemanusiaan. Menggabungkan kurash yang sudah ada ribuan tahun lalu dengan peraturan yang disesuaikan dengan zaman.

Asian games 2018 Breaking News Kurash
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.079

Bagikan