Mengenal Lebih Dekat Unai Emery, Arsitek Anyar Arsenal

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 23 Mei 2018
Mengenal Lebih Dekat Unai Emery, Arsitek Anyar Arsenal
Unai Emery (Zimbio)

BolaSkor.com - Unai Emery resmi menjadi manajer anyar Arsenal. Pria Spanyol berusia 46 tahun menggantikan posisi yang selama 22 tahun diduduki oleh Arsene Wenger.

"Saya sangat senang bisa bergabung dengan salah satu klub hebat. Arsenal dikenal dan dicintai di seluruh dunia karena gaya permainannya, komitmennya terhadap pemain muda, stadion yang fantastis," kata Emery di situs resmi Arsenal.

"Saya sangat senang diberikan tanggung jawab untuk memulai babak baru yang penting dalam sejarah Arsenal," ujar pelatih yang memulai karier sepak bolanya sebagai pemain bersama Real Sociedad ini.

Prestasi Emery

Bulan lalu, Emery mengumumkan akan meninggalkan Paris Saint-Germain saat kotraknya habis akhir musim ini. Keputusan diambil meski Emery sukses membawa PSG jadi kampiun Ligue 1. Emery berada bersama PSG selama dua musim. Sejak bergabung dengan PSG pada 2016, Emery sukses memboyong empat trofi domestik.

Nama Emery sebagai pelatih mulai naik ke permukaan saat memegang Almeria pada 2006. Di Almeria Emery dianggap bak pahlawan karena sukses membawa klub promosi ke La Liga. Di musim pertama di La La Liga Almeria berhasil finis di peringkat kedelapan.

Sukses bersama Almeria membuat Valencia terpincut dan merekrutnya. Bersama Los Che Emery finis di posisi keenam meski saat itu Valencia sedang dirundung masalah finansial.

Semusim kemudian Emery membawa Valencia menduduki peringkat ketiga La Liga. Pencapaian yang sama terulang musim berikutnya. Emery meninggalkan Valencia pada Juni 2012 dan memilih menangani klub Rusia Spartak Moskow.

Hanya bertahan beberapa bulan di Rusia, Emery kemudian bergabung dengan Sevilla pada pertengahan musim 2013/14. Di sinilah karier Emery melejit. Bersama Sevilla Emery mencatat hat-trick, tiga musim beruntun jadi juara Liga Europa.

Gaya Permainan

Sebagai pelatih, Emery dikenal menyukai permainan yang rapi. Karena itu, Emery dipercaya akan membuat Arsenal lebih terorganisir.

Emery sangat menyukai sesi latihan keras dan sangat disiplin. Saat kali pertama di PSG, tak sedikit pemain yang mengeluhkan metode latihan keras Emery. Namun, setelah terbukti caranya sukses, Emery mampu mengendalikan pasukannya.

Emery menyukai permainan menyerang dengan garis pertahanan tinggi serta senang jika para pemainnya banyak berlari. Emery menempatkan banyak pemain di depan saat menyerang, pun sebaliknya saat bertahan. Masalahnya, di PSG tak semua pemain sejalan dengan pilihan Emery. Dan, Emery memilih berkompromi dengan para bintang.

Emery dinilai bakal sukses bersama Arsenal jika membuat para pemain mendukung penuh filosofi permainannya. Hal itu yang terjadi saat Emery sukses tiga kali menjuarai Liga Europa.

Premier League Arsenal Unai Emery
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan