Mengenal Maskot Piala Asia 2023, Sebuah Keluarga Jerboa

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 07 Januari 2024
Mengenal Maskot Piala Asia 2023, Sebuah Keluarga Jerboa
Timnas Indonesia tiba di Qatar. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia telah tiba di Doha, Qatar, Minggu (7/1) pagi. Itu setelah melakukan penerbangan dari Antalya ke Istanbul pada Sabtu (6/1) pukul 20.55 waktu setempat.

Timnas Indonesia bertolak dari Turki setelah menjalani pemusatan latihan sejak 21 Desember. Pemusatan latihan diisi dua uji coba yakni melawan Libya, yang diakhiri dengan kekalahan 0-4 dan 1-2.

Setibanya di Qatar, Jordi Amat dkk. mendapat kalungan bunga. Tak hanya itu, maskot Piala Asia 2023 menjadi suvenir yang didapat.

Maskot Piala Asia 2023 diluncurkan pada 1 Desember 2023 di Msheireb, jantung ibu kota Doha, Qatar.

Maskotnya adalah sebuah keluarga Jerboa, yang merupakan hewan pengerat mirip tikus bertelinga lebar dan berdiri di atas dua kakinya. Hewan ini terdapat di gurun pasir Qatar.

Baca Juga:

Ranking FIFA Tak Berlaku di Piala Asia bagi Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Diperkuat 3 Pemain Berusia 19 Tahun, Timnas Indonesia Jadi Skuad Termuda di Piala Asia 2023

Karakternya mengadopasi lima maskot Piala Asia 2011, yang juga digelar di Qatar. Kelima karakter itu adalah Saboog, Tmbki, Freha, Zkriti, danSaboog, Tmbki, Freha, Zkriti,.

“Maskot Piala Asia 2023 membangkitkan kenangan indah dari tahun 2011, tetapi juga mewujudkan kegembiraan dan energi dari kompetisi yang pasti akan luar biasa,” kata Hassan Al Kuwari, Direktur Eksekutif Pemasaran dan Komunikasi Penyelenggara Lokal Piala Asia AFC Qatar 2023 Komite dikutip dari Inside World Football.

Saboog adalah putra keluarga berwarna biru. Sedangkan Freha berwarna merah jambu, adalah putri tertua keluarga tersebut, yang namanya diambil dari nama daerah Freha di utara Qatar tulis Doha News.

Yang ketiga adalah Tmbki, anak bungsu berwarna kuning yang dinamai berdasarkan wilayah Timbic di timur Qatar.

Zkriti dan Traeneh, ayah berwarna hijau dan ibu berwarna ungu. Namanya diambil dari Zikrit di barat Qatar dan Tranaa di utara Qatar.

Seniman Qatar Ahmed Al Maadheed menciptakan desain maskot tersebut karena ia terinspirasi untuk menciptakan serangkaian karakter yang menyerupai rumah tangga tradisional di negara tersebut.

“Sejak awal, kami ingin melakukan sesuatu yang menginspirasi keluarga dan generasi muda untuk menjadi bagian dari Piala Asia,” demikian pernyataan Al Maadheed kepada AFC.

“Kami ingin menggali lebih dalam warisan ekologi kami yang kaya dan menemukan hewan yang dapat mewakili hal terbaik yang terjadi di lapangan dan juga dalam kehidupan sehari-hari, dan itu adalah jerboa,” demikian pernyataan seniman asal Qatar tersebut menambahkan.

Timnas Indonesia Piala Asia 2023
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan