Mengenal MotoE, Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik, Kecepatan Motornya Bisa 270 km/jam

Hendry WibowoHendry Wibowo - Selasa, 15 Januari 2019
Mengenal MotoE, Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik, Kecepatan Motornya Bisa 270 km/jam
Motor Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik (Istimewa)

BolaSkor.com - Mulai tahun 2019, Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik atau yang disebut MotoE mulai dilombakan. Penggagasnya tidak lain Dorna yang juga penyelenggara MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Karena di bawah Dorna, MotoE bakal menjadi lomba pendukung MotoGP layaknya Moto3 dan Moto2. Hanya saja MotoE berlangsung cuma enam putaran dan semua treknya berada di Eropa.

Baca Juga:

Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik Diikuti Pembalap Top, Salah Satunya Sete Gibernau

Wacana Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia Kembali Mencuat

Gibernau
Sete Gibernau (Zimbio)

Sirkuit Jerez, Spanyol akan jadi putaran pembuka pada 5 Mei. Kemudian Le Mans berstatus putaran kedua, 19 Mei. Berlanjut di Sachsenring, Jerman, 7 Juli.

Kemudian Sirkuit Red Bull Ring, Austria, 11 Agustus. Terakhir Sirkuit Misano, San Marino berstatus putaran lima dan enam pada 14-15 September.

Dengan tujuan agar persaingan berjalanan ketat, semua tim dan pembalap mendapat motor yang sama. Motor yang digunakan bernama Energica Ego produksi perusahaan asal Modena, Italia, Energica Motor Company.

Walau bertenaga listrik, jangan remehkan performa motor Energica Ego. Karena motor bisa berakselerasi 0-96,5 km/jam dalam kurun waktu hanya tiga detik.

Berbekal tenaga 120 kW, kecepatan maksimal motor ini bisa tembus sampai 270 km/jam! Selain punya kecepatan mumpuni, baterai motor Energica Ego juga bisa diisi sebanyak 0-85 persen dalam kurun waktu hanya 20 menit.

Keberadaan Dorna sebagai penyelenggara MotoE, membuat banyak tim papan atas berani berinvestasi di ajang ini. Seperti Tech 3, Pramac Racing, Gresini, LCR sampai Marc VDS.

Kemudian nama-nama pembalap yang mengikutinya juga bukan nama sembarangan. Ada runner-up MotoGP 2003 dan 2004, Sete Gibernau. Lalu nama-nama eks pembalap top MotoGP seperti Alex de Angelis, Randy De Puniet sampai Bradley Smith.

Rangkaian fakta di atas memastikan meski berstatus musim debut, fan layak menunggu dan menyaksikan jalannya persaingan MotoE.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Breaking News Dorna MotoE Energica Ego Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan