BolaSkor.com - Onesixeight Motocross Team merupakan salah satu tim balap nasional yang tak hanya serius mengikuti ajang demi ajang, tapi juga mempunyai fasilitas lengkap.

Satu fasilitas yang menarik perhatian adalah sirkuit tempat latihan. Trek ini berada di basecamp Onesixeight di desa Kuta, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Baca Juga:

Mevans Sanggramawijaya Bicara soal Awal Suka Balap, Tim Onesixeight dan Mentor Balap

Pemilik Tim Onesixeight Beberkan Target di Musim Balap 2020

Mevans
Mevans Sanggramawijaya Bersama dengan Sang Istri, Littarahma (Istimewa)

Kini sirkuit sudah mulai digunakan untuk berlatih pembalap Onesixeight. Namun ke depannya bakal turut dibangun perkantoran, tempat istirahat, ruang fitness, workshop sampai garasi.

Menurut pemilik Onesixeight, Mevans Sanggramawijaya sirkuit motocross ini bakal jadi trek berskala nasional. "Untuk luas sirkuit masih memakai luas 1,5 hektar, dengan panjang total sirkuit 1,2 KM, sesuai dengan regulasi standar nasional," kata Mevans kepada BolaSkor.com.

Menurut Mevans, detail sirkuit sendiri merupakan buah pemikiran dirinya sendiri bersama Ferry Irawan selaku Manager dan Instruktur Onesixeight Motocross Team plus Kiswadi dan Doni Tata Pradita.

Mevans
Handicap Lainnya di Sirkuit Milik Tim Onesixeight (Istimewa)

Hanya saja pengerjaan secara menyeluruh ditangani oleh Andreaz Wiguno owner Indiel Racing Organizer. "Keseluruhan memakai jenis tanah vulkanik yang dicampur dengan pasir, kemudian dipadatkan secara menyeluruh," ujar Mevans yang baru saja menikahi wanita pujaannya, Littarahma.

"Pembelajaran paddock in-out juga kita simulasikan dan terapkan di sirkuit ini. Termasuk jalur by pass tim rescue dan kesehatan yang paling benar," tambahnya.

Lebih lanjut Mevans menyebut variabel trek lebih dominan teknikal, sebagai sarana pemantapan dan fisik. Hal ini juga berdasarkan riset tim selama berlaga di even motocross sepanjang 2019.

"Kalau diilustrasikan, desain sirkuit di event resmi misalkan tingkat kesulitan nilainya 6, di sini kita buat nilai 7 atau 8. Bagian yang kita anggap sulit, kita jadikan dominasi variabel trek, ”urai Mevans.*