Mengenang Terakhir Kali Real Madrid Tampil di Liga Europa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 09 Desember 2020
Mengenang Terakhir Kali Real Madrid Tampil di Liga Europa
Real Madrid 1994-1995 (Twitter)

BolaSkor.com - Reputasi Real Madrid sebagai pengoleksi trofi Liga Champions terbanyak memang tak perlu diragukan. Namun bukan berarti Los Blancos tak memiliki sejarah di kompetisi kasta kedua Eropa, Liga Europa atau dulu dikenal dengan nama Piala UEFA.

Pada musim 2020-2021, Madrid memang terancam turun kasta ke Liga Europa. Itu setelah tim asuhan Zinedine Zidane hanya menempati peringkat ketiga grup B dengan satu laga tersisa.

Duel kontra Borussia Monchengladbach di Estadio Alfredo Di Stefano, Kamis (10/12) dini hari WIB, akan menentukan kelanjutan nasib Madrid. Hanya kemenangan yang bisa membawa klub ibu kota Spanyol itu melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga:

Menanti Akhir Perlombaan Zidane dan Koeman untuk Hindari Pemecatan

Zidane Sadari Hantu Pemecatan, tetapi Menolak Menyerah

5 Pesaing Manchester United Menggaet Mesin Gol Dortmund, Erling Haaland

Madrid juga masih bisa memperpanjang napasnya di Liga Champions jika hanya bermain imbang. Namun hal itu akan sangat bergantung dengan hasil pertandingan dua pesaingnya, Inter Milan kontra Shakhtar Donetsk.

Kemungkinan terburuk, Madrid bisa menempati posisi juru kunci andai kalah dari Monchengladbach dan Inter mampu mengalahkan Shakhtar. Jika hal ini terjadi, langkah mereka di kompetisi Eropa musim ini dipastikan terhenti.

Namun Madrid juga bisa terlempar ke Liga Europa jika tetap menempati peringkat ketiga di klasemen akhir. Andai hal itu terjadi, ini akan menjadi partisipasi pertama mereka di kompetisi kasta kedua benua biru dalam 26 tahun terakhir.

Meski langganan tampil di Liga Champions, Madrid juga pernah ambil bagian dalam ajang kompetisi Eropa lainnya. Untuk Piala UEFA atau Liga Europa, Los Merengues sudah berpartisipasi sebanyak sembilan kali dan dua di antaranya berujung dengan gelar juara.

Real Madrid di Piala UEFA 1994-1995

Hebatnya, dua trofi tersebut diraih secara beruntun pada musim 1984-1985 dan 1985-1986. Dalam laga final, Madrid mengalahkan Videoton dan FC Koln.

Partisipasi terakhir Madrid di ajang Liga Europa terjadi pada musim 1994-1995. Tiket itu didapatkan setelah musim sebelumnya finis di peringkat keempat LaLiga.

Waktu itu, hanya juara liga domestik yang berhak berlaga di Liga Champions. Barcelona pun menjadi wakil Spanyol usai menjuarai musim 1993-1994.

Meski hanya berlaga di Liga Europa, Madrid sendiri menatap musim 1994-1995 dengan serius. Mereka mendatangkan sejumlah pemain bintang seperti Michael Laudrup dan Fernando Redondo pada bursa transfer musim panas.

Madrid mengawali kiprahnya di Liga Europa dengan menantang Sporting Lisbon pada babak pertama atau 32 besar yang berlangsung dua leg. Saat itu, format fase grup belum diterapkan.

Madrid harus susah payah untuk lolos ke babak selanjutnya. Mereka unggul agresivitas gol tandang meski secara agregat sama kuat 2-2 usai menang 1-0 di kandang dan takluk 1-2 pada laga tandang.

Pada babak kedua atau 16 besar, Madrid bersua Dinamo Moscow. Tim yang saat itu ditangani Jorge Valdano tak memiliki kesulitan berarti untuk menyudahi perlawanan wakil Rusia tersebut dengan agregat 6-2.

Sayang, langkah Madrid akhirnya terhenti di babak perempat final. Mereka tak berdaya di hadapan wakil Denmark, Odense BK.

Madrid mampu mencuri kemenangan dengan skor 3-2 saat bertandang ke markas Odense. Namun mereka justru takluk dengan dua gol tanpa balas saat gantian menjadi tuan rumah.

Beruntung kegagalan tersebut mampu ditebus di ajang domestik. Madrid mengakhiri musim tersebut dengan gelar juara LaLiga sehingga berhak berlaga di Liga Champions pada musim depannya.

Liga Champions Real Madrid Liga Europa Piala UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan