BolaSkor.com - Manchester United tengah berduka setelah salah satu legendanya, Tony Dunne meninggal dunia di usia 78 tahun. Ia merupakan salah satu anggota tim yang mempersembahkan trofi European Cup 1968.

Nama Dunne mungkin tidak sepopuler Sir Bobby Charlton, Brian Kidd, atau George Best. Namun kontribusinya terhadap permainan Manchester United era itu tak perlu diragukan.

Dunne memulai kariernya bersama klub Irlandia, Shelbourne pada 1958. Ia baru hengkang ke Manchester United dua tahun berselang.

Saat itu, Sir Matt Busby tengah membangun kembali kekuatan Manchester United pasca tragedi kecelakaan pesawat di Munchen. Dunne yang ketika itu masih berusia 19 tahun masuk dalam rencananya.

Baca Juga:

Van der Sar di Manchester United: Kiper Berharga Murah dengan Kualitas Premium

Paul Gascoigne, Tangisan Ikonik, dan Talenta Terbaik yang Pernah Dimiliki Inggris

Florian Wirtz, Pencetak Gol Termuda di Bundesliga, Memilih Leverkusen ketimbang Liverpool karena Lebih Dekat Rumah

Awalnya, Dunne hanya menjadi pelapis Noel Cantwell dan Shay Brennan yang lebih senior. Namun secara perlahan ia mulai mendapatkan banyak kesempatan untuk tampil.

Trofi Piala FA tahun 1963 gelar pertama dipersembahkan Dunne untuk Manchester United. Setelah itu, ia semakin mengamankan tempatnya di skuat utama dan hanya absen enam kali selama empat musim ke depan.

Pemain berkebangsaan Irlandia itu juga selalu bermain ketika Manchester United berlaga di European Cuo 1968 termasuk pada laga final kontra Benfica. Pasukan Matt Busby berhasil keluar sebagai juara usai menang dengan skor meyakinkan, 4-1 atas raksasa Portugal tersebut.

Kemenangan itu menahbiskan Manchester United sebagai klub Inggris pertama yang menjuarai kejuaraan Eropa. Turnamen ini merupakan cikal bakal dari Liga Champions.

Kontribusi besar Dunne dalam kejayaan Manchester United era tersebut bukan isapan jempol belaka. Rekan-rekan setimnya mengakui hal tersebut.

“Kami tidak tahu banyak tentang sepak bola dunia pada masa itu, tetapi siapa pun di era itu akan mengatakan ia adalah bek kiri terbaik di Eropa, tanpa keraguan," kata Brian Kidd, penyerang Manchester United di era tersebut.

"Dia sangat sederhana dan memiliki banyak empati dan dia melambangkan segala sesuatu yang diinginkan Sir Matt dalam diri seorang pemain."

Fakta lain diungkapkan Alex Stepney. Kiper Manchester United andalan Matt Busby itu tahu betul pengorbanan Dunne untuk klubnya.

“Ketika saya datang ke klub pada bulan September 1966, Tony adalah bek kiri. Klub memiliki bek kiri lain bernama Bobby Noble dan Matt Busby memutuskan untuk mengganti Tony ke bek kanan," kata Stepney.

“Dia tidak mengeluh dan kami kemudian memenangkan Divisi utama pada tahun 1967 dengan Tony berperan sebagai bek kanan."

“Dia beralih kembali ke kiri untuk musim kami memenangkan European Cup pada tahun 1968 dan dia luar biasa, pahlawan tanpa tanda jasa yang nyata," sambungnya.

Dunne membela Manchester United selama 13 musim hingga tahun 1973. Ia tampil sebanyak 535 kali dan menempatkan dirinya di peringkat kedelapan sebagai pemain yang paling sering tampil untuk Manchester Merah.