BolaSkor.com - Pencinta sepak bola Jerman dikejutkan kabar buruk pada 11 November 2009 pagi. Diketahui pada malam sebelumnya, calon kiper nomor satu timnas Jerman, Robert Enke, meninggal dunia akibat kasus bunuh diri.

Kabar tersebut tentunya cukup mengejutkan mengingat karier Robert Enke bersama timnas Jerman mulai menanjak. Maklum, saat itu era Jens Lehmann dan Oliver Kahn baru saja berakhir.

Setelah Piala Eropa 2008, Jens Lehmann yang memasuki akhir 30an memutuskan pensiun dari timnas Jerman. Pelatih Joachim Low pun mulai mencari kiper anyar untuk diproyeksi ke Piala Dunia 2010.

Robert Enke yang menjadi pelapis Jens Lehmann di Piala Eropa 2008 tentu naik jabatan. Enke langsung menjadi pilihan utama di timnas Jerman saat itu.

Status pernah bermain untuk Barcelona dan paling kenyang pengalaman menjadi alasan Joachim Low memilih Robert Enke. Kiper yang terakhir membela Hannover 96 itu juga mampu tampil apik.

Baca Juga:

Jerman 2-2 Argentina: Pemain Pengganti Selamatkan Albiceleste

#10YearsChallenge: Menolak Lupa Tragedi Robert Enke

Robert Enke
Robert Enke

Meski sempat menderita cedera dan digantikan oleh Rene Adler. Namun, Robert Enke tetap menjadi pilihan utama Joachim Low menjaga gawang timnas Jerman.

Ketika timnas Jerman tengah memasuki fase akhir menjelang Piala Dunia 2010, kabar mengejutkan justru mereka dengar. Robert Enke yang menjadi kiper utama mereka meninggal dunia.

Jenazah Robert Enke ditemukan di rel kereta di daerah Eilvese. Pada saat yang bersamaan, polisi menemukan pesan bunuh diri Enke di sekitar tempat kejadian perkara.

Menurut istri Robert Enke, Teresa, suaminya telah menderita depresi selama beberapa tahun terakhir. Kematian anak mereka pada 2006 memperparah kondisi Enke.

Markas Hannover 96 yang menjadi klub terakhir Robert Enke langsung didatangi para penggemar. Bunga, lilin, dan ucapan duka cita terlihat di Stadion AWD Arena.