BolaSkor.com - Berbicara tentang Italia, kota yang familiar di mata publik tentu saja tak lepas dari Milan, Turin, Roma, dan Naples. Ketenaran ketiga tempat tersebut tak lepas dari kehebatan klub sepak bola yang dimiliki yakni AC Milan, Inter Milan, Juventus, AS Roma, serta Napoli.

Setiap klub tersebut memiliki sosok yang dipuja. Naples misalnya, sosok Diego Armando Maradona, dielukan bagai Tuhan di sana. Kondisi tersebut tak lepas dari bagaimana Maradona berhasil memberikan berbagai gelar untuk Napoli.

Namun, bagi penggila balap, ketiga kota tersebut tidak memiliki arti apapun dibanding Tavullia, bukit kecil yang berjarak 15 menit dari Sirkuit Misano. Kota tersebut menyimpan sejarah besar di mana peraih sembilan gelar juara dunia grand prix, Valentino Rossi, lahir dan tumbuh besar di sana.

Tak seperti Maradona yang datang lalu pergi. Rossi hingga saat ini masih bermukim dan menjalani kehidupan di Tavullia saat jeda musim balapan. Setiap sudut dari kota tersebut dipastikan mengenal dan mengetahui bagaimana perjalanan karier The Doctor.

Tavullia dan keluarga Rossi memang tidak bisa dipisahkan. Jauh sebelum The Doctor mengenal motor pertamanya, sang Ayah, Graziano, sudah terlebih dulu menjadi pahlawan berkat tiga gelar juara Grand Prix 250cc yang diraihnya.

Bisa dipastikan, tanpa Rossi dan Graziano, Tavullia tak akan menjadi kota yang dipandang. Kehadiran mereka berdua bagai nadi yang menghidupi masyarakat di sana dan menghadirkan lima fakta menarik yang patut disimak berikut ini.