BolaSkor.com - SEA Games, pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-30 bakal berlangsung di Filipina mulai 30 November sampai 11 Desember.

Namun jika menilik ke belakang, begitu banyak rintangan dan tantangan sebelum akhirnya Filipina didapuk sebagai tuan rumah SEA Games 2019.

BolaSkor.com pun coba mengumpulkan sejarah plus mengajak pembaca mengenal logo, moto, sampai maskot SEA Games 2019 di Filipina.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Tim Bulu Tangkis Indonesia Ubah Susunan Pemain

Atlet One Championship Indonesia Ditarget Rebut Medali Emas SEA Games 2019

1. Sejarah

Awalnya jatah tuan rumah SEA Games 2019 menjadi milik Brunei Darussalam. Tapi dengan alasan finansial dan logistik, negara ini mengundurkan diri bahkan sebelum SEA Games 2015 di Singapura dimulai.

Usai pengunduran diri Brunei, Filipina menyatakan kesanggupan menjadi tuan rumah SEA Games 2019. Namun Juli 2017, proyek ini sempat mengalami kemunduran. Karena mendadak pemerintah membatalkan dukungan.

Alasannya dana untuk SEA Games 2019 bakal lebih dialokasikan untuk rehabilitasi kota Marawi yang diserang ISIS. Fakta ini sempat membuat Indonesia masuk opsi sebagai pengganti Filipina.

Namun 16 Agustus 2017, semuanya berubah. Pemerintah Filipina kembali mendukung pesta olahraga dua tahunan ini. Mereka bahkan menjadikan SEA Games 2019 sebagai langkah untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2030.

Maskot SEA Games 2019
Maskot SEA Games 2019 (Istimewa)

2. Logo

Preview dari logo SEA Games 2019 diperlihatkan Filipina di depan Olympic Council of Asia (OCA) pada sela-sela Asian Games 2018 di Jakarta.

Ketua Organizing Committee SEA Games, Alan Peter menjelaskan makna dibalik logo tersebut. Artinya logo tersebut memuat sebelas lingkaran beragam ukuran yang saling terpaut satu dengan lainnya.

Lingkaran-lingkaran tersebut terdiri dari warna hijau, merah, kuning, dan biru. Sebelas lingkaran ini merepresentasikan bagaimana sebelas negara yang mengikuti SEA Games 2019 terikat dalam persatuan, kapan pun, dan di mana pun.

3. Moto

Tidak hanya itu, moto resmi SEA Games 2019 juga telah dirilis. Temanya adalah 'We Win As One' (kami menang sebagai kesatuan). Layaknya makna dari logo, moto ini juga seakan mempresentasikan persatuan dari negara-negara Asia Tenggara.

4. Maskot

Maskot SEA Games 2019 sendiri bernama Pami yang berasal dari bahasa Filipina 'Pamilya' yang artinya keluarga. Direktur Eksekutif SEA Games 2019, Ramon Suzara mengklaim maskot Pami ini akan mewakili setiap bangsa, setiap atlet, dan setiap orang yang berkumpul untuk saling mendukung.

Seperti logo dan tema SEA Games 2019, maskot ini juga telah diluncurkan di Taman Bayanihan pada acara seremoni hitung mundur.* (Alexander Matthew)