Mengetahui Sistem Promosi dan Degradasi di Bundesliga

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 14 Mei 2020
Mengetahui Sistem Promosi dan Degradasi di Bundesliga
Bundesliga (Twitter)

BolaSkor.com - Bundesliga akan menyusul K-League sebagai liga-liga sepak bola yang memulai kembali kompetisi setelah dihentikan karena virus corona. Lanjutan laga Bundesliga 2019-20 akan berlangsung di akhir pekan ini.

Dimainkannya Bundesliga itu akan menjadi contoh bagi liga-liga Eropa lainnya untuk melihat bagaimana kompetisi dimulai di tengah pandemi virus corona. Bundesliga masih menyisakan sembilan laga lagi, sementara Eintracht Frankfurt dan Werder Bremen masih 10 laga.

Satu catatan menarik dari Bundesliga adalah mengenai sistem degradasi dan promosi dari tim 2. Bundesliga atau divisi dua sepak bola Jerman. Kontestan Bundesliga terdiri dari 18 tim dan tiga tim terbawah mengalami nasib berbeda.

Baca Juga:

2 Pemain Positif Corona, Dynamo Dresden Tak Bisa Tampil dalam Lanjutan Bundesliga 2

Revierderby Jadi Laga Pembuka Lanjutan Bundesliga

Legenda Jerman Sambut Kembalinya Bundesliga

Peringkat akhir 17 dan 18 akan langsung degradasi ke 2. Bundesliga dan tim urutan satu-dua 2. Bundesliga promosi ke tim utama musim depan. Bagaimana dengan peringkat 16? Mereka akan melawan peringkat tiga 2. Bundesliga dalam sistem play-off kandang dan tandang.

Tim dari Bundesliga akan terlebih dahulu menjadi tuan rumah di leg pertama dan leg kedua dari 2. Bundesliga. Apabila kedudukan agregat gol sama kuat setelah dua leg maka agresivitas gol tandang akan dihitung nantinya.

Apabila nilainya masih sama maka akan ada perpanjang waktu dan drama adu penalti untuk menentukan pemenang: promosi untuk tim 2. Bundesliga dan bertahan di Bundesliga untuk tim dari sana yang memenanginya.

Menilik posisi saat ini di Bundesliga, Fortuna Dusseldorf akan memainkan play-off karena ada di urutan 16 dengan raihan 22 poin, sementara Bremen (18 poin) dan Paderborn (16 poin) otomatis degradasi karena ada di urutan dua terbawah.

Hamburg

Sementara di 2. Bundesliga dari 16 ke-18 adalah Arminia Bielefeld (51 poin), Stuttgart (45 poin), dan Hamburg (44 poin). Apabila musim berakhir demikian maka Hamburg akan melawan Dusseldorf di laga play-off sedangkan Bielefeld dan Stuttgart promosi.

Kendati demikian musim belum berakhir dan segala kemungkinan masih bisa terjadi di klasemen Bundesliga dan 2. Bundesliga.

Breaking News Bundesliga Bundesliga Jerman Virus Corona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan