Mengharukan, Belgia dan Denmark Bersatu demi Christian Eriksen

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 18 Juni 2021
Mengharukan, Belgia dan Denmark Bersatu demi Christian Eriksen
Penghormatan untuk Christian Eriksen (@EURO2020)

BolaSkor.com - Sepak bola tidak lagi sekedar jadi olahraga yang menghibur publik pada satu momen tertentu. Olahraga yang populer di dunia itu menjadi indah ketika diperuntukkan untuk memberikan penghormatan kepada satu sosok.

Seperti yang terlihat di laga kedua grup B Piala Eropa 2020 antara Denmark melawan Belgia di Parken, Kamis (17/06) malam WIB. Kedua kubu, seisi stadion, dan semua yang ada di Parken memberikan penghormatan untuk Christian Eriksen.

Eriksen (29 tahun) beberapa hari lalu membuat sepak bola Eropa dan dunia geger pada laga Denmark vs Finlandia. Jelang turun minum Eriksen tiba-tiba kolaps dan Anthony Taylor membuat keputusan cepat menghentikan laga, memanggil tim medis.

Eriksen langsung mendapatkan perawatan dari tim medis dan sebelumnya diberikan CPR oleh kapten Denmark, Simon Kjaer. Sempat muncul kekhawatiran selama beberapa menit pertandingan, tetapi Eriksen kemudian dalam kondisi stabil dan dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga:

Klasemen Sementara Grup B-C Piala Eropa 2020: Persaingan Ketat di Posisi Runner-up

Hasil Laga Grup B-C Piala Eropa 2020: Belgia dan Belanda Lolos ke Fase Gugur

Fernando Rapallini, Wasit Pengukir Debut Bersejarah di Piala Eropa 2020

Fans Denmark mendukung Christian Eriksen

Sepak bola bersatu memberikan penghormatan untuknya dan itu terlihat jelas di laga Denmark kontra Belgia. Pada menit 10 Belgia memutuskan membuang bola keluar lapangan dan angka 10 itu melambangkan jersey Eriksen di Denmark.

Semua bertepuk tangan di Parken untuk Christian Eriksen yang telah melewati masa kritis. Parken berwarna merah Denmark dan di tribun ada banner bertuliskan "Hele Danmark er med dig, Christian" yang artinya "Seluruh Denmark bersama kamu, Christian."

Pemain kedua kubu juga ada yang berpelukan. Melupakan rivalitas demi meraih kemenangan untuk sesaat.

Roberto Martinez, pelatih Belgia menuturkan alasan staf dan skuadnya memberikan pesan unik kepada Eriksen sebelum pertandingan berlangsung.

"Sebagai sebuah tim, ada niat nyata hanya untuk menunjukkan keinginan dan pemikiran kami kepada Christian. Pesan kami sepak bola tidak sama jika Christian Eriksen tidak ada di lapangan sepak bola," tutur Martinez.

"Yang kami inginkan adalah pemulihan penuh dan melihat Christian segera bermain kembali di tim Denmark dan untuk Inter Milan dan semua orang di Belgia bergabung dengan keinginan itu."

"Kami perlu merayakan tindakan cepat dari para dokter untuk membuatnya menjadi reaksi yang cepat."

"Setiap pemain yang akan berada di lapangan itu akan mengetahui pentingnya (laga) dan apa yang dipertaruhkan dan fokus akan bergeser cukup cepat. Tapi itu harus menjadi perayaan dari semua orang."

Kondisi Christian Eriksen

Kondisi Eriksen jauh lebih stabil dan membaik setelah terkena serangan jantung. Pernyataan datang dari dokter dan menyatakan Eriksen menggunakan alat pacu jantung.

"Setelah Christian menjalani pemeriksaan jantung yang berbeda, diputuskan bahwa dia harus menggunakan ICD (alat pacu jantung). Perangkat ini diperlukan setelah serangan jantung karena gangguan irama," demikian pernyataan dokter.

"Christian telah menerima solusinya dan rencana tersebut juga telah dikonfirmasi oleh para spesialis nasional dan internasional yang semuanya merekomendasikan perawatan yang sama."

"Kami mendorong semua orang untuk memberikan kedamaian dan privasi kepada Christian dan keluarganya di waktu berikutnya."

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Christian eriksen Denmark Timnas denmark Piala eropa Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan