Mengintip Kemegahan Venue Boling untuk Asian Games 2018

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 09 Agustus 2018
Mengintip Kemegahan Venue Boling untuk Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018. (Istimewa)

BolaSkor.com - Asian Games 2018 secara resmi bergulir mulai 18 Agustus nanti. Di Sumatera Selatan (Sumsel), cabang olahraga (Cabor) voli pantai, menembak, kano atau kayak, sepak bola perempuan, tenis, skateboard, sepatu roda, rowing, panjat tebing, sepak takraw, softtenis, boling, dan triatlon akan dipertandingkan.

Sebelum ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games, Sumsel sebenarnya telah mempunyai venue bertaraf internasional dan hanya mengalami peremajaan saja jelang Asian Games yang tinggal 10 hari lagi.

Sementara untuk cabor boling, Sumsel baru membangun untuk Asian Games 2018. Kini, venue yang berada di kawasan Jakabaring Sport City ini sudah rampung 100 persen dan siap digunakan.

Venue boling ini memiliki luas bangunan yang mencapai 4.200 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektar. Sumsel yang memang dikenal kerap menggunakan pihak ketiga dalam membangun venue dan untuk arena boling, pemerintah Sumsel mendapatkan hibah dari PT Sinar Mas.

Tak tanggung-tanggung, venue bertaraf internasional yang disebut Gubenur Sumsel sebagai yang terbaik di dunia ini menelan dana 27 miliar. Dengan angka yang fantastis ini, wajar jika venue boling mempunyai 40 line atau lintasan.



Venue boling milik Sumsel ini bahkan mengalahkan venue di Incheon, Korea, yang hanya memiliki 30 lintasan saja. Kapasitas yang dimiliki untuk penonton yang ingin menyaksikan cabang olahraga bowling ini mencapai 600 orang yang ditempatkan di lantai dua.

Dalam setiap kunjungan, INASGOC, OCA, DPR RI, DPD RI, Presiden, dan tokoh negara lainnya, kerap menyambangi venue dan menjajal salah satu arena terbaik di Sumsel ini. Arena boling ini sudah mulai beroperasi dan diresmikan Februari lalu.

Venue dengan warna merah dan bagian depan dengan variasi tiang berbentuk pin boling menjadikan venue ini punya ciri khas. Saat malam hari, lampu yang menyala memancarkan beberapa warna, seperti hijau, biru, putih, orange dan lainnya, semakin membuat venue boling terlihat sangat menarik.

Direktur Venue Jakabaring Sport City, Basyaruddin Ahmad menjelaskan bahwa pembangunan sudah selesai dikerjakan sejak Februari. Dana sponsorship dari Sinar Mas Group diandalkan, sementara untuk peralatannya didukung PT Pertamina.



Test event sudah dilakukan untuk menguji kesiapan pada akhir Februari lalu. Sebanyak 33 peboling putri dan 48 peboling putra yang berasal dari 12 provinsi berlaga dalam ajang Kejuaraan Nasional atau Kejurnas.

Kejurnas yang bertajuk Test Event Road to Asian Games XVIII 2018 Kejuaraan Bowling Nasional ini berlangsung tiga hari, dari 26 - 28 Februari 2018.

“JSC sudah siap, semua venue sudah siap untuk Asian Games 2018,” ucap Gubenur Sumsel H Alex Noerdin. Alex Noerdin juga menjelaskan bahwa venue yang terletak di samping Bank Sumsel awalnya berupa rawa-rawa.

"Tidak hanya itu, di saat bersamaan kita juga tidak memiliki uang. Tapi saya dapat penugasan dari PB PBI makanya saya sanggupi. Hasilnya, kini Sumsel punya venue terbaik di dunia," ungkapnya. (Laporan Kontributor Dzakira/Palembang)

Breaking News Boling Asian games 2018
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan