BolaSkor.com - Timnas Jepang U-16 bakal menjadi salah satu lawan skuat Indonesia U-16 di penyisihan grup Piala Asia U-16 2020. Itu selain Arab Saudi dan China, yang turut masuk ke dalam Grup D.

Jepang akan lebih dulu menghadapi China pada 27 November. Setelah itu bertemu Arab Saudi 30 November, sebelum menutup fase grup melawan Timnas Indonesia U-16 pada 3 Desember.

Skuat Jepang sudah dipersiapkan sejak Januari untuk Piala Asia U-16. Pada 20 Januari, pemanggilan pemain dilakukan meski dengan sejumlah perubahan.

Timnas Jepang U-16 memulai persiapan lewat pemusatan latihan di Antalya, Turki sejak 29 Januari. Empat uji coba diagendakan, masing-masing dua kali dengan Timnas Tunisia U-16 dan Ceko U-16.

Baca Juga:

Bima Sakti Bicara soal Rencana Uji Coba Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16 Fokus Genjot Mental dan Fisik Pemain pada TC Bulan Juli

Timnas Jepang U-16 bermain imbang 1-1 dengan Tunisia di pertandingan pertama pada 30 Januari. Gol Jepang dicetak Harumi Minamino.

Adapun melawan Republik Ceko, Timnas Jepang U-16 menang telak 3-0, masing-masing lewat gol Dai Chiba, Daisho Suzuki, dan Taisho Suzuki. Timnas Jepang menang 8-1 di pertemuan kedua dengan Ceko lewat gol Harumi Minamino, Dai Chiba, Haru Saito, Ryotaro Takeuchi, Tanaka Samurai, Takujo Maesawa, Sakai Shunya, Sakai Tanaka, pada 2 Februari.

Timnas Jepang U-16 vs Rep.Ceko. (JFA)

Kemenangan dengan skor tipis 1-0 kemudian diperoleh dalam pertemuan kedua dengan Tunisia lewat gol Yoshiteru Narahara pada 4 Februari.

Sesuai yang dijadwalkan, Timnas Jepang U-16 melakukan pemusatan latihan lagi di negeri sendiri 8-11 Maret. Sementara pada 5-13 April dijadwalkan ke Prancis untuk melanjutkan persiapan, namun diperkirakan batal menyusul pandemi virus corona (COVID-19).

Timnas Jepang U-16 juga gagal dipoles lewat turnamen internasional buatan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA), yang dijadwalkan digelar pada 7-14 Juni karena corona. Turnamen itu sendiri rencananya diikuti timnas empat negara, termasuk Jepang.

Adapun pemusatan latihan 12-15 Juli juga sempat diagendakan. Termasuk pemusatan latihan di luar negeri lagi 1-9 Agustus.

"Saya sendiri akan memimpin tim untuk ketiga kalinya setelah 2016 dan 2018, tetapi persiapan kali ini hampir tidak aktif karena virus corona dan benar-benar berbeda dibanding masa lalu. Lewat turnamen ini akan ada yang berhak ke Piala Dunia U-17 2021 di Peru," kata pelatih Timnas Jepang U-16, Yoshiro Moriyama yang membawa Samurai Blue juara Piala Asia U-16 2018 itu.